Hilang nafsu makan/Freepik
Hilang nafsu makan/Freepik
KOMENTAR

TIDAK banyak orang menyadari bahwa kehilangan nafsu makan bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan. Sejumlah orang yang memang ingin menurunkan berat badan bahkan biasanya bersyukur karena nafsu makan hilang.

Namun nyatanya, kehilangan nafsu makan bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang cukup serius berikut ini.

Gangguan kesehatan mental

Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi kesehatan mental yang terganggu akan berdampak pada gejala fisik, salah satunya yaitu nafsu makan yang berkurang atau hilang sama sekali. Karena itu amat penting bagi kita untuk mencari solusi untuk mengantisipasi stres, depresi, maupun kecemasan berlebih yang kita alami.

Gangguan pencernaan

Ada sejumlah gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan nafsu makan berkurang atau hilang. Mulai dari maag, luka tukak lambung, hingga penyakit radang usus. Berbagai gangguan yang menyebabkan rasa nyeri itu harus segera ditangani agar tidak terjadi komplikasi.

Infeksi jangka panjang

Infeksi persisten seperti TBC maupun HIV/AIDS juga bisa menyebabkan nafsu makan hilang. Penting untuk segera mengobati infeksi agar fungsi normal sistem pencernaan tidak terganggu akibat respons imunitas tubuh terhadap infeksi.

Gangguan kesehatan tiroid

Kelenjar tiroid berperan penting dalam mengatur metabolism. Saat tiroid terganggu, baik itu menjadi sangat aktif atau sebaliknya sangat tidak aktif, nafsu makan kita akan terganggu juga. Dibutuhkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk menyelesaikan gangguan tiroid.

Berbagai gangguan kesehatan tersebut harus segera ditangani agar kondisi tubuh yang lemah tidak berlarut-larut hingga mengganggu aktivitas kita, demikian dikutip dari Hindustan Times.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health