Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

HILANGNYA nafsu makan merupakan salah satu dari gejala penyakit demam berdarah (DBD). Hal ini tidak boleh dianggap sepele, karena dapat menyebabkan malnutrisi dan penurunan berat badan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menambah nafsu makan agar proses pemulihan DBD berlangsung lebih cepat.

1. Makanlah dalam porsi kecil tapi sering

Bunda dapat membagi 3 porsi makan menjadi 5-6 porsi makan yang lebih kecil dan diberikan setiap kurang lebih dua jam sekali. Dengan begitu, sedikit demi sedikit kebutuhan nutrisi harian dan nafsu makan bertambah. Jangan lupa, makanan harus kaya protein dan zat besi.

2. Tawarkan makanan favorit

Ketika pasien DBD mengalami hilang nafsu makan yang parah, utamakan memberikan makanan yang mereka suka, setelah itu pertimbangkan untuk memberi makanan sehat. Tapi, tetap hindari makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat DBD.

3. Pilih minuman tertentu

Selain asupan nutrisi, pasien DBD bermasalah dengan jumlah trombosit darah dalam tubuh. Minuman yang mampu memberikan nutrisi sekaligus meningkatkan trombosit darah adalah jus buah. Pilihlah jus buah yang kaya vitanin C, sehingga penyerapan zat besi dalam tubuh meningkat. Jus buah tersebut antara lain jus jambu biji, jus jeruk, jus nanas, dan air kelapa.

Sebagian besar makanan yang wajib dikonsumsi pasien DBD adalah yang kaya protein, vitamin B12, asam folat, vitamin C, dan zat besi. Contohnya daging ayam, daging merah tanpa lemak, ikan, hati, kacang-kacangan (lentil, kacang polong, buncis), dan telur.

Perhatikan juga makanan yang harus dihindari. Yaitu yang mengandung salisilat yang dapat mengencerkan darah. Seperti apel, melin, anggur, stroberi, kacang almond, kentang, mentimun, tomat, merica, bawang putih dan bawang merah, serta jahe.

Utamakan untuk selalu berkonsultasi dengan ahli medis apabila ingin makan makanan tertentu. Meski menambah nafsu makan, pasien tetap memerlukan waktu. Sebab, tubuh memerlukan waktu untuk proses pemilihan dengan asupan nutrisi yang dikonsumsi.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health