Ilustrasi makan di malam hari sembari mengerjakan tugas/Freepik
Ilustrasi makan di malam hari sembari mengerjakan tugas/Freepik
KOMENTAR

MAKAN pada larut malam mungkin sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun, perlu diketahui bahwa makan di atas pukul 10 malam akan memiliki dampak yang buruk.

Diketahui bahwa salah satu penyebab makan pada larut malam adalah karena merasakan lapar. Dikutip dari AloDokter, lapar tengah malam bisa disebabkan oleh kebiasaan makan berlebihan sebelum tidur, begadang, atau olahraga berlebihan.

Selain itu, rasa lapar juga kerap dialami pada saat kehamilan, stres, PMS, saat menderita diabetes, obesitas, atau hipertiroidisme. Hal ini juga bisa terjadi saat mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, antihistamin, atau obat diabetes.

Penelitian University of Pennsylvania Perelman School of Medicine menjelaskan dampak serius dari makan saat larut malam.

“Makan larut malam meningkatkan profil negatif dari berat badan, energi, dan penanda hormon seperti glukosa dan insulin yang lebih tinggi, yang terlibat dalam diabetes, kolestrol, dan trigliserida yang terkait dengan masalah kardiovaskular dan kondisi kesehatan lainnya,” ungkap Naomi Goel, penulis utama studi tersebut.

Sebagai informasi, dilansir dari Cleveland Clinic, penyakit kardiovaskular adalah sekelompok penyakit yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah.

Melalui beberapa penelitian, para ahli menemukan sejumlah dampak negatif dari makan saat larut malam berikut ini.

  • Berat badan bertambah
  • Subjek memetabolisme lebih sedikit lebih banyak karbohidrat
  • Insulin dan glukosa puasa meningkat
  • Kadar kolestrol dan trigliserida meningkat (kadar normal yaitu di bawah 200 miligram per desiliter untuk trigliserida)
  • Naiknya asam lambung
  • Gangguan tidur atau insomnia
  • Gangguan kesehatan mulut
  • Memicu penyakit kardiovaskular
  • Susah berkonsentrasi

Lantas, bagaimana agar kita dapat terhindar dari kebiasaan makan saat larut malam? Berikut 6 tips yang Farah.id rangkum dari berbagai sumber.

  • Minum air putih
  • Jangan makan malam berlebihan
  • Buat pola makan teratur
  • Tidur minimal 8 jam sehari
  • Hindari olahraga berat pada malam hari
  • Batasi waktu makan malam selama 3 jam sebelum tidur malam

Mari mengatur pola makan agar badan sehat dan jauh dari berbagai potensi penyakit.




Kenali Gejala Diabetes di Malam Hari

Sebelumnya

Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health