Pengunjuk rasa di Jalan Tol Van Wyck menuju Bandara Internasional Kennedy/Reuters
Pengunjuk rasa di Jalan Tol Van Wyck menuju Bandara Internasional Kennedy/Reuters
KOMENTAR

SEKELOMPOK pengunjuk rasa pro-Palestina yang menuntut gencatan senjata di Gaza memblokir akses ke salah satu pintu masuk Bandara Internasional JFK di New York selama minggu perjalanan tersibuk tahun ini pada Rabu (27/12).

Mereka sempat memblokir jalan masuk ke bandara di New York City dan Los Angeles pada hari Rabu, memaksa beberapa pelancong berjalan kaki untuk melewati jalan yang macet tersebut.

Ketika maskapai penerbangan AS menghadapi kesibukan perjalanan liburan akhir tahun, demonstrasi mengganggu lalu lintas di pinggiran Bandara Internasional John F. Kennedy di Queens, serta Bandara Internasional Los Angeles. Sebanyak 62 orang ditangkap dalam dua protes tersebut, kata polisi.

Di New York, para aktivis bergandengan tangan dan membentangkan spanduk yang menuntut diakhirinya perang Israel-Hamas dan memperluas hak-hak warga Palestina, sehingga lalu lintas terhenti selama sekitar 20 menit di Jalan Tol Van Wyck menuju ke bandara.

Video yang diunggah ke media sosial menunjukkan para penumpang, sebagian membawa koper, meninggalkan kendaraan dan melangkahi pembatas menuju median jalan raya. Seorang perempuan terdengar mengatakan bahwa dia menyesal atas apa yang terjadi di negara lain, namun bagaimanapun juga dia harus berangkat kerja.

Otoritas Pelabuhan New York dan New Jersey mengirimkan dua bus menawarkan tumpangan kepada para pelancong agar mereka dapat mencapai bandara dengan aman.

Sekitar waktu yang sama dengan protes di New York, jalan raya utama menuju bandara Los Angeles ditutup oleh sekelompok pengunjuk rasa pro-Palestina lainnya, yang menyeret kerucut lalu lintas, tempat sampah, skuter, dan puing-puing ke dalam jalur, menurut berita helikopter rekaman.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Kepolisian Los Angeles menuduh para pengunjuk rasa berbuat kasar kepada petugas polisi dan menyerang orang lain, tanpa memberikan rincian lebih lanjut mengenai kedua insiden tersebut.

Kelompok tersebut tampaknya melarikan diri ketika polisi tiba, meskipun Departemen Kepolisian Los Angeles mengatakan lalu lintas di sekitar bandara masih terpengaruh sekitar dua jam setelah demonstrasi yang dinyatakan melanggar hukum tersebut.

Juru bicara LAPD mengatakan 35 orang ditangkap karena kerusuhan dan satu orang ditangkap karena menyerang petugas polisi. Tidak ada petugas yang terluka, menurut juru bicara tersebut. Diperkirakan 215.000 penumpang dan 87.000 kendaraan melewati bandara Los Angeles pada hari Rabu.

Sejak perang Israel-Hamas meletus pada 7 Oktober, protes hampir terjadi setiap malam di kota-kota di Amerika Serikat. Di New York, penyelenggara pro-Palestina telah menanggapi meningkatnya jumlah korban tewas di Gaza dengan meningkatkan tindakan yang bertujuan mengganggu beberapa acara paling terkenal di kota tersebut, termasuk Parade Hari Thanksgiving Macy dan upacara penyalaan pohon tahunan di Rockefeller Center.

Pada konferensi pers hari Selasa, Wali Kota New York Eric Adams mengkritik beberapa taktik penyelenggara protes dan menyarankan polisi mungkin perlu meningkatkan tanggapan mereka.

“Saya tidak percaya bahwa orang-orang bisa mengambil alih jalan dan melakukan demonstrasi di jalan-jalan, saya tidak mau di kota ini orang-orang bisa melakukan apa pun yang mereka inginkan,” ungkap Wali Kota, seperti dilansir AP.




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News