Susu, punya segudang manfaat/Freepik
Susu, punya segudang manfaat/Freepik
KOMENTAR

SUSU merupakan minuman dengan banyak nutrisi yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan. Susu dikenal sebagai sumber kalsium dan vitamin D. Selain itu, susu akan membantu menjaga kesehatan tulang apabila diminum secara rutin.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa juga masih perlu mengonsumsi susu untuk kesehatan. Banyak orang yang menjadikan susu sebagai sarapan, baik diminum langsung ataupun disajikan dengan sereal. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk mengonsumsi susu, begitu pula soal dikonsumsi dalam keadaan dingin ataupun hangat.

Berdasarkan penelusuran Farah.id, diketahui bahwa susu tidak akan kehilangan kandungan gizinya meskipun disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat. Perlu diketahui, walaupun berbeda dalam cara penyajian, keduanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Meski begitu, ternyata susu dingin dan susu hangat memiliki manfaat berbeda. Apa saja?

Manfaat Susu Dingin

Minum susu dingin pada pagi hari dapat membantu untuk menghindari dehidrasi dan juga membantu untuk menenangkan pikiran. Susu dingin yang dikemas dengan elektrolit dapat membantu tubuh untuk melawan dehidrasi dan membuat kulit tetap terdehidrasi dan bercahaya.

Ternyata, susu dingin juga dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan kalsium dalam susu dingin membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Selain itu, mengonsumsi susu dingin juga dapat membuat kenyang lebih lama.

Namun, disarankan untuk tidak mengonsumsi susu dingin pada malam hari karena bisa membuat sulit tidur.

Susu diketahui mengandung asam amino triptofan yang membantu tubuh menjadi lebih rileks ketika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Tetapi, jika dikonsumsi dalam keadaan dingin akan membuat tubuh merasa segar dan mencegah rasa kantuk.

Manfaat Susu Hangat

Salah satu manfaat dari mengonsumsi susu hangat adalah membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Susu mengandung asam amino triptofan yang dapat membantu agar seseorang bisa tidur lebih baik. Kandungan asam amino ini akan aktif apabila susu disajikan dalam keadaan hangat.

Minum susu hangat juga dapat mengatasi keluhan menstruasi pada perempuan, seperti kram hingga sakit perut.

Untuk mengatasinya, bisa mencampurkan susu hangat dengan kunyit. Potasium pada susu bisa membantu meredakan kram, sedangkan kunyit dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, susu hangat yang dicampur dengan madu juga dapat dijadikan sebagai obat flu. Minuman tersebut mengandung efek anti bakteri yang dapat membantu meredakan penyakit flu.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health