Cosplayer seru ala tokoh anime/Freepik
Cosplayer seru ala tokoh anime/Freepik
KOMENTAR

ANIME adalah sebutan orang Jepang untuk Animasi. Anime merupakan animasi dengan gaya Jepang yang dibuat secara manual oleh tangan maupun menggunakan teknologi komputer.

Berbeda dengan serial animasi buatan Amerika dan negara lainnya, anime memiliki ciri khas pada desain karakternya dan cerita yang disajikan anime sangat beragam.

Menurut survei yang dikutip Farah id dari Encyclopedia Japan, serial anime yang diproduksi sampai saat ini jumlahnya sudah mencapai ribuan, yakni lebih dari 6.000 judul anime diproduksi dan lebih dari 3.200 judul anime ditayangkan di televisi.

Penayangan anime semakin lama merambah ke berbagai negara dan mencapai popularitasnya. Bahkan, anime menjadi salah satu budaya populer Jepang. Di Indonesia sendiri, industri anime terus berkembang seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap budaya populer asal Jepang tersebut.

Meski begitu, masih banyak orang yang beranggapan jika menyukai anime adalah kebiasaan yang sia-sia karena membuang banyak waktu. Padahal tidak selamanya begitu.

Seiring meningkatnya popularitas anime di Indonesia ternyata bisa menjadi celah sebagai ladang bisnis yang mendatangkan cuan. Berikut ini ide bisnis kreatif yang bisa ditekuni para penggemar anime:

Reseller Merchandise dan Action Figure

Menjual merchandise anime seperti kaos, poster, action figure, dan aksesoris lainnya baik secara online maupun melalui toko adalah ide bisnis yang populer. Apalagi, penggemar anime seringkali ingin memiliki barang-barang yang terkait dengan serial anime favorite mereka. Keuntungan dari bisnis ini tergantung dengan jumlah penjualan.

Cosplayer

Cosplayer adalah kegiatan di mana para penggemar anime berdandan dan menggunakan kostum layaknya karakter anime. Cosplayer biasanya meramaikan suatu event, seperti acara ulang tahun, festival, hingga bazaar. Ternyata bisnis ini cukup menjanjikan karena tarif untuk cosplayer bisa mencapai 300 ribu hingga 3 juta dalam sekali event.

Jasa Sewa Kostum Anime

Penggemar anime dapat membuka bisnis dengan menyewakan kostum kepada penggemar lain yang ingin melakukan cosplayer. Melalui bisnis ini, kamu bisa mendapatkan pengahasilan sekitar 50 hingga 250 ribu per kostum.

Jasa Ilustrator dan Desain Grafis

Bagi penggemar anime yang memiliki kemampuan desain grafis dapat mencoba bisnis yang satu ini. Dalam bisnis ini, konsumen akan meminta kita untuk menggambar karakter anime , desain kartu undangan, desain flyer, atau lainnya. Untuk ilustrator pemula akan mendapat bayaran sebesar 250 hingga 500 ribu, sedangkan bagi ilustrator professional tarifnya bisa mencapai 5 hingga 10 juta ke atas. Hal tersebut tergantung dengan beban kerja yang diberikan.

Content Blogger atau Vlogger Anime

Content terkait anime dapat disalurkan dalam bentuk karya tulis maupun video menarik. Seorang content blogger atau vlogger anime akan mengulas suatu narasi, opini, dan analisis terhadap anime, serta menceritakannya dengan ringkas dan menarik kepada audiensnya. Penghasilan dari bisnis ini tergantung dengan banyaknya jumlah views.

Jasa Custom Kue

Ide bisnis ini cocok untuk penggemar anime yang memiliki kreativitas yang tinggi. Dalam bisnis ini, kamu akan menjual kue karakter anime yang biasanya diperlukan dalam momen tertentu seperti ulang tahun dan acara selebrasi. Penghasilan dari bisnis custom kue ini sekitar 250 hingga 850 ribu per pesanan kue.




Kementerian Agama Ingatkan Jemaah Agar Tidak Ketinggalan Rukun Haji

Sebelumnya

Teori Agenda Setting: Media Massa dan Politik

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon