Pemandangan indah Geopark Ijen/Instagram @kawahwurung
Pemandangan indah Geopark Ijen/Instagram @kawahwurung
KOMENTAR

KAWAH Wurung merupakan tempat wisata yang letaknya di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Kawah Wurung menawarkan pemandangan yang indah di dalam kawasan Kaldera Ijen di Kabupaten Bondowoso.

Pasalnya, bentuk bukitnya yang indah disertai dengan kehijauannya, membuat Kawah Wurung dijuluki sebagai zamrudnya Bondowoso.

Berdasarkan hasil penelusuran Farah.id, ketinggian Kawah Wurung mencapai 1.500 meter di atas permukaan laut sehingga udara di sekitarnya terasa cukup tinggi.

Dikutip dari laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kawah ini merupakan lubang erupsi gunung api yang berdiameter lebih kecil atau sama dengan 2 kilometer.

Berdasarkan sejarah dan keindahannya, wisata Kawah Wurung menjadi salah satu bagian di Bondowoso yang telah diakui internasional serta mendapat sertifikat dari UNESCO Global Geopark (USG) di Maroko sebagai Ijen Geopark.

Wisata ini menyediakan kawasan untuk bermalam dengan menggunakan tenda yang akan dikenakan tarif sebesar Rp50.000 rupiah per malam.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan pendakian di atas bukit, dapat mengikuti jalur setapak diantara ilalang rumput. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk dapat mencapai puncak bukit dengan jalur pendakian yang tidak begitu terjal.

Sebagai informasi, tiket masuk wisata Kawah Wurung dipatok sebesar Rp5000 rupiah yang dibuka pada mukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.




Empat Strategi Bank Mega Syariah Mempertahankan Likuiditas di Era Suku Bunga Tinggi

Sebelumnya

BJB Tawarkan Program Cashback untuk Transaksi Pembelian dan Penjualan Obligasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon