Susy Susanti saat mengharumkan nama bangsa di Olimpiade Barcelona 1992/Instagram @susysusantiofficial
Susy Susanti saat mengharumkan nama bangsa di Olimpiade Barcelona 1992/Instagram @susysusantiofficial
KOMENTAR

PERINGKAT BWF (Badminton World Federation) Junior merupakan peringkat resmi bulu tangkis dunia untuk para atlet di bawah usia 19 tahun. Pada saat usia seorang atlet mencapai 19 tahun, namanya akan dihapus dari ranking BWF junior. Dalam kategori ganda, pemain akan memiliki ranking individu.

Jelang akhir tahun 2023 ini, kejutan mewarnai ranking BWF junior. Salah satunya, empat atlet tunggal putri Indonesia kompak mengganas di ranking BWF 2023.

Meskipun mungkin bukan yang pertama kalinya, namun pencapaian tunggal putri Indonesia seolah memberikan sinyal jika performa mereka bakal meneruskan kejayaan legenda bulu tangkis Susy Susanti.

Empat atlet tunggal putri itu adalah Ester Nurumi Tri Wardoyo, Chiara Marvella Handoyo, Ruzana, dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Ester Nurumi Tri Wardoyo

Dok.Okezone.Sports

Kelahiran 26 Agustus 2004 ini berada di posisi ke-7 peringkat BWF Junior per 7 November. Meski posisi tersebut masih terbilang bagus, nyatanya Ester dua pekan lalu sempat menempati top five.

Bahkan pada akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023, Ester sempat menempati posisi teratas peringkat BWF Junior.

Mendekati usia 19 tahun, Ester kini lebih banyak bermain di ajang senior. Untuk level senior, posisinya saat ini berada di top 49 ranking BWF.

Dia sukses mencetak sejarah ke semifinal ajang Super 300 pertamanya di Korea Masters 2023. Dan dua pekan lalu, Ester Nurumi juga mencetak sejarah meraih gelar pertamanya di ajang Super 100 yakni Indonesia Masters 2023.

Mutiara Ayu Puspitasari

Dok. PB Djarum

Nama Mutiara Ayu Puspitasari berada di peringkat 11 BWF Junior, sebagai tunggal putri junior terbaik kedua yang dimiliki Indonesia. Di usianya yang baru  menginjak 17 tahun, prestasi Mutiara diprediksi akan terus melejit di masa depan.

Pada tahun ini, Mutiara berhasil meraih medali emas Kejuaraan Asia Junior 2023 yang digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta. Mutiara sukses mengalahkan bintang muda Korea Kim Min-ji dalam dua set langsung.

Ruzana

Dok. PB Djarum

Ruzana saat ini berada di ranking ke-14 BWF Junior. Atlet muda Indonesia yang berusia 18 tahun ini juga aktif mengikuti turnamen-turnamen level senior. Sepanjang tahun 2023, penampilan Ruzana cukup stabil dengan menapaki perempat final dari turnamen yang diikutinya.

Chiara Marvella Handoyo

Dok. Indosports

Berusia 18 tahun, Chiara Marvella diperkirakan menjadi salah satu tunggal putri junior Indonesia yang akan menjadi atlet bulu tangkis terbaik dunia.

Saat ini posisi Chiara berada di ranking 17 BWF junior. Keberhasilannya meraih medali perak Kejuaraan Dunia Junior 2023 membuat ranking BWF Chiara meroket tajam menembus top 20 dan berpotensi akan terus meroket.

Dengan track record mengalahkan Tomoka Miyazaki, bukan tidak mungkin Chiara kelak menjadi salah satu ancaman serius para pebulu tangkis papan atas dunia masa depan.




Memahami Nasib Orang Miskin dan Masa Depan Bangsa Akibat Biaya Kuliah yang Mahal

Sebelumnya

Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Haji Merekam Video Berdurasi Panjang, Simak Ketentuannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News