Penghapusan sel kulit mati/Yoona
Penghapusan sel kulit mati/Yoona
KOMENTAR

EKSFOLIASI merupakan proses mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit sehingga wajah terlihat semakin cerah.

Eksfoliasi wajah menjadi salah satu rangkaian perawatan kulit wajah yang penting dan perlu dilakukan secara rutin paling tidak 1 -2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Namun, untuk melakukan eksfoliasi pada wajah, kita harus mengetahui jenis kulit wajah agar tidak menimbulkan breaking out atau efek samping lainnya. Berdasarkan hasil penelusuran Farah.id, proses eksfoliasi yang dilakukan harus berjalan dengan benar. Proses eksfoliasi yang salah justru tidak akan mendapatkan hasil yang signifikan.

Menurut data yang dihimpun Farah.id, ada dua jenis produk eksfoliasi yaitu chemical dan fisik.

Sebelum melakukan eksfoliasi, kita harus menyesuaikan jenis eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulit kita. Berikut panduan eksfoliasi yang sesuai dengan rekomendasi para ahli.

Kulit berminyak

Untuk wajah dengan jenis kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan produk eksfoliator kimiawi atau chemical.

Proses pengelupasan secara kimiawi yang tidak kasar serta dilakukan beberapa kali dalam seminggu sangat disarankan bagi jenis kulit berminyak.

Kulit kering

Meski jenis kulit kita kering, eksfoliasi tetap dibutuhak untuk menghilangkan sel-sel kulit mati serta membantu penyerapan skincare yang balik ke lapisan kulit.

Wajah dengan jenis kulit kering ini direkomendasikan untuk menggunakan produk eksfoliasi chemical.

Kulit berjerawat

Untuk wajah dengan jenis kulit berjerawat ini dapat menggunakan produk eksfoliasi chemical untuk meminimalkan terjadinya iritasi pada wajah atau jerawat.

Kulit sensitif

Seseorang yang memiliki jenis kulit wajah yang sensitive tidak dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi baik chemical maupun fisik.

Untuk wajah dengan jenis kulit sensitif lebih baik menggunakan bahan alami seperti oatmeal.

Kulit kombinasi cenderung kering

Jenis kulit ini pada dasarnya kurang sensitif terhadap pengelupasan kulit dan minim jerawat. Seseorang dengan jenis kulit wajah kombinasi cenderung kering dapat memilih salah satu yang cocok. Namun lebih disarankan menggunakan eksfoliator dengan partikel scrub yang sedang.

Kulit kombinasi cenderung berminyak

Sama halnya seperti kulit kombinasi cenderung kering, kulit kombinasi cenderung berminyak ini dapat menggunakan eksfoliator fisik maupun eksfoliator kimia yang lebih ringan.

Jenis kulit kombinasi cenderung berminyak ini akan lebih baik jika menggunakan produk dengan kandungan AHA untuk meminimalisir minyak pada kulit wajah.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Sentuhan Mewah dan Nyaman untuk Perempuan Urban Rancangan Pricilla Margie

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga