Yang baru dari Ibu Profesional: Hexagon City@CityHexagon
Yang baru dari Ibu Profesional: Hexagon City@CityHexagon
KOMENTAR

IBU Profesional menjadi sebuah komunitas para ibu dan calon ibu terbesar di Indonesia, yang juga telah memiliki anggota di sejumlah negara di dunia.

Salah satu ciri khas Ibu Profesional adalah aktivitas para anggotanya yang selalu kreatif dan penuh inovatif untuk terus meningkatkan keberdayaan diri sebagai perempuan.

Saat ini, ada yang baru di Ibu Profesional yaitu kehadiran Hexagon City yang berisi warganya yang disebut Hexagonia. Ada apa di Hexagon City dan seseru apa kehidupan di dalam kota virtual ini?

Simak perbincangan Farah.id dengan Najla Annisa, Manajer RnD Hexagon City.

Boleh dijelaskan apa itu Hexagon City, kenapa dibuat, dan untuk apa?

Hexagon city merupakan sebuah kota virtual yang dihuni para perempuan produktif yang didirikan sejak September 2020 oleh Septi Peni Wulandani. Hexagon city didirikan sebagai bentuk gamifikasi dari salah satu kelas perkuliahan yang ada di Institut Ibu Profesional (IIP), yaitu kelas Bunda Produktif dengan tagline “kota produktif, warga kreatif, penuh solusi”

Siapa saja yg terlibat di dalam Hexagon City?

Warga yang ada di Hexagon City disebut Hexagonia. Hexagonia adalah para mahasiswi dan alumni di kelas Bunda Produktif IIP. Dalam menjalankan perkuliahan dan kegiatan kota, didampingi oleh tim formula dan jajaran City Leader. Tim formula adalah tim yang memformulasikan system perkotaan dan tim perumus awal.

City leader adalah Hexagonia yang terpilih melalui system pemilu untuk menentukan jajaran: Walikota, Sekretaris Jenderal, Manager Community Development, Manager Marketing and Communication, Manager Finance, Manager Research and Development dan Hexa Owned Entrepise Manager. Selain itu setiap Hexagonia dikumpulkan berkelompok dalam sebuah Co-Housing berdasarkan pilihan passion masing-masing.

Apa saja kegiatan di Hexagon City?

Selain melaksanakan kegiatan perkuliahan untuk menjadi seorang bund ayang produktif, kegiatan lain sebagai pendukung pun dilakukan. Untuk mendukung perekonomian kota, kami melakukan penjualan project passion (berupa barang maupun jasa) melalui platform marketplace: Hexa Market.

Selain itu untuk mendorong berkembangnya para pengusaha di Hexagon City diadakan Pitching Festival untuk mencari investor yang berminat pada project passion yang ada.

 Untuk mempublikasikan segala kegiatan didukung oleh HexaMedia, berbagai program rutin tayang secara berkala di Hexa TV (program Hexa News, Hexa breaking news dan AADC), Hexa radio menggunakan platform spotify melahirkan program rutin Halo Hexa dan hexa update. Website Hexagon city dapat diakses di: https://sites.google.com/view/hexagoncity/hexagon-city?authuser=0.

Dalam aspek perkembangan kota, tim Research and Development melakukan survei di awal pemerintahan Walikota 2023 untuk melihat kondisi kota dan harapan Hexagonia guna menyukseskan penyusunan program kerja dan kegiatan kota.

Selain itu RnD mengadakan beberapa pelatihan yang dilakukan modal sebelum Hexagonia membuat Project passion. Lima pelatihan yang telah diadakan yaitu teknik manajemen waktu, project financial planning, digital marketing, public speaking dan teknik presentasi, serta product photography with smartphone.

Dan di Bulan Oktober ini, kami melakukan sertifikasi sebagai upaya penetapan jenjang keahlian Hexagonia untuk melihat setiap jenjang keahlian yang dimiliki.

Apakah ada kaitannya dengan masyarakat/perempuan di luar lingkup Ibu Profesional?

Tentu, karena kegiatan di Hexagon City pada akhirnya menghasilkan karya atau yang disebut project passion yang diharapkan menjadi solusi dari keresahan dan tantangan yang dihadapi perempuan serta ibu di mana pun berada.

Contoh project passion yang telah dihasilkan di tahun 2023 seperti: buku cerita anak, boardgame, e-book resep masakan, kartu permainan keluarga, pelatihan kepenulisan, pelatihan digital marketing, pelatihan dan pendampingan manajemen diri, dan masih banyak lagi.

Selain itu karya persembahan kami untuk seluruh perempuan Indonesia adalah melalui HCVC (Hexagon City Virtual Conference) di tahun 2023.

Sebanyak 274 Hexagonia berperan sebagai speaker untuk berbagi ilmu, pengalman dan pengetahuan sesuai passion masing-masing melalui 4 platform digital, yaitu Youtube Hexagon City, Instagram @City Hexagon, Zoom, dan Fanspage Hexagon City.

Penjelasan HCVC dapat dilihat pada: https://sites.google.com/view/hcvc2023.

Penasaran dengan keseruan di Hexagon City atau ingin bergabung menjadi Hexagonia di Hexagon City? Simak ketentuannya, dan kontak Ibu Profesional di kotamu.




Grand Finals Free Fire World Series Asia Tenggara Bakal Digelar di Indonesia

Sebelumnya

Buttonscarves Hadirkan Tropical Paradise Pop-Up Store: Penyatuan Fashion dan Experience untuk BSLady di Indonesia dan Malaysia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E