Penganugerahan rekor MURI di Seoul (27/9)/ist
Penganugerahan rekor MURI di Seoul (27/9)/ist
KOMENTAR

KEDUTAAN Besar Indonesia di Seoul, Korea Selatan meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk kategori Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Diikuti Penutur Asing Terbanyak.

“Atas prestasi KBRI Seoul dalam menyelenggarakan program pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing secara daring yang digelar Perwakilan RI di luar negeri dengan peserta terbanyak, Museum Rekor Indonesia menganugerahkan Rekor kepada Duta Besar RI di Seoul,” demikian disampaikan Pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI) Jaya Suprana di Wisma Duta Besar Indonesia, Seoul, Korea Selatan, dalam keterangannya kepada Farah.id, Rabu (27/9)

Rekor MURI tersebut disambut antusias oleh Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto.

“Melalui bahasa, diplomasi dapat semakin efektif dijalankan. Untuk itu, KBRI Seoul tetap menjalankan kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing secara daring sejak tahun 2021, bahkan di masa pandemi. Sungguh kami bersyukur dengan apresiasi yang telah disampaikan MURI atas kerja keras seluruh keluarga besar KBRI Seoul,” ungkap Gandi saat menerima piagam penghargaan Rekor MURI.

Sebelum diajukan untuk meraih Rekor MURI, Atase Pendidikan Dr Gogot Suharwoto menyampaikan bahwa KBRI Seoul telah menerima surat dari Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

Surat tersebut berisi konfirmasi bahwa jumlah peserta terbanyak mengikuti pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) oleh KBRI Seoul secara daring selama dua kali dalam satu tahun.

Momen istimewa tersebut juga diisi dengan konser mini yang menampilkan sejumlah musisi Indonesia yaitu Michael Anthony (pianis difabel yang telah menerima berbagai penghargaan dan tampil di pentas dunia), Natasha Djong (pianis cilik multitalenta), dan Daniel. Sementara itu dari Korea Selatan, Profesor Seng Yong Choi menampilkan lantunan musik apik dari biola yang digeseknya.

Turut menghadiri acara tersebut, Susi Sulistiyanto (istri Dubes RI di Seoul), Aylawati Sarwono (istri Jaya Suprana), Giok Hartono (istri Budi Hartono), serta komedian ternama Miing yang menjadi MC acara.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes RI di Seoul menekankan bahwa KBRI Seoul selalu giat mempromosikan seni, budaya dan ekonomi kreatif.

Dubes Gandi mengundang para tamu yang menghadiri penganugerahan Rekor MURI untuk mengunjungi Festival Indonesia 2023 di Gwanghwamun Plaza, pusat kota Seoul tanggal 28-29 September 2023.

Tak hanya itu, Tim Laskar Indonesia Pusaka, Armonia Choir, Michael Anthony, Natasha Djong, serta KelompokTari Bedhayan akan tampil pada Festival Indonesia di tanggal 29 September 2023.

Festival Indonesia merupakan salah satu wujud nyata persahabatan yang lebih erat dan kemitraan yang lebih kuat antara Indonesia dan Korea menandai 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara di tahun 2023.

 




Zaskia Adya Mecca Andalkan “Sunlight Biocare Nature” 100 Persen Food Grade* dengan Teknologi RhamnoClean: Tangguh Melindungi Keluarga dan Ramah Lingkungan

Sebelumnya

MUFFEST+ 2024 “Flying to the Global Market” Siap Jadi Landasan Pacu Modest Fashion Indonesia Menuju Pasar Global

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E