Meditasi sebagai salah satu cara mengurangi stres/Pixabay
Meditasi sebagai salah satu cara mengurangi stres/Pixabay
KOMENTAR

KATA “operasi” bagi sebagian besar orang menjadi sesuatu yang membuat merinding.

Membayangkan sejumlah dokter dan tenaga medis lain berada di sekeliling kita yang terbaring tak sadarkan diri, pisau bedah bergantian ‘membuka’ tubuh kita, operasi tak pelak merupakan hal menakutkan.

Terlebih lagi jika yang dioperasi adalah mata, bagian tubuh yang sangat sensitif, dan kerusakannya akan sangat mempengaruhi aktivitas kita. Tak pelak, banyak orang maju mundur untuk menjalani operasi mata. Padahal mereka sudah merasakan kesulitan akibat masalah pada mata yang tak bisa dihindari.

Menurut Pendiri SILC Lasik Center dr. Sophia Pujiastuti, Sp.M(K), MM, orang yang berencana menjalani operasi mata biasanya akan merasakan stres dan ketakutan.

“Sangat penting untuk mempersiapkan diri. Sama seperti saat kita ingin pergi ke kota atau negara yang belum pernah kita datangi, kita pasti merasakan khawatir. Karena itu sebisa mungkin kita mengumpulkan informasi yang detail tentang apa dan bagaimana kota tersebut,” jelas dr. Sophia kepada Farah.id.

Berikut ini empat kiat untuk mengurangi stres menjelang pelaksanaan operasi mata versi dr. Sophia Pujiastuti.

Fokus pada tujuan

Ingatlah selalu alasan dan tujuan kita menjalani operasi mata. Dengan fokus mengingat tujuan kita, insya Allah kita akan menjadi lebih kuat.

Menggali informasi valid yang mendetail seputar operasi

Pilihlah sumber informasi yang tepat—dalam hal ini para dokter—untuk menjelaskan tentang prosedur operasi, durasi, risiko, komplikasi, hingga pemulihan pascaoperasi.

Jangan sembarang mengambil informasi dari layar internet. Pastikan kredibilitas sumber kita yang berstatus dokter.

Memilih RS atau klinik spesialis mata terpercaya

Untuk menemukan RS atau klinik yang tepat dan bisa dipercaya, kita harus mau melakukan survei dan bertanya pada mereka yang pernah menjalani tindakan serupa di tempat yang sama.

Siapa pun dokternya, jika klinik memiliki standar prosedur operasi yang baik dan benar, hasil operasi akan sesuai standar. SOP juga menjadi ‘pagar’ untuk menghindari berbagai hal di luar ekspektasi.

Di antara hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih klinik adalah tersedianya teknologi yang mumpuni untuk operasi mata.

Mempelajari testimoni dan rekomendasi

Mencari review atau sharing seputar pengalaman orang yang pernah menjalani tindakan operasi mata. Jumlah bintang dapat menjadi salah satu cara kita memastikan tentang baik/buruknya kualitas pelaksanaan operasi dan dokter yang mengoperasi.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health