Nur Asia Uno/FARAH-Agung Hadiawan
Nur Asia Uno/FARAH-Agung Hadiawan
KOMENTAR

TOKOH pemberdayaan perempuan yang juga tokoh penggerak UMKM Nur Asia Uno mengucapkan selamat memperingati Hari Solidaritas Hijab Internasional kepada perempuan berhijab di mana pun berada.

Menurut istri Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno ini, Hari Solidaritas Hijab Internasional adalah sebuah momen yang dirayakan setiap tahun untuk menghormati hak-hak perempuan muslim yang memilih mengenakan hijab atau kerudung sebagai bagian dari keyakinan agama mereka.

“Hijab bukan hanya sekadar sehelai kain, melainkan simbol keberdayaan, kebebasan, juga identitas. Oleh karena itu, mari kita rayakan kecantikan dan kekuatan semua perempuan yang memilih berhijab,” ungkap pemilik Nur Corner itu di media sosialnya (4/9).

Berdasarkan penelusuran Farah.id, peringatan Hari Solidaritas Hijab Internasional dirayakan sebagai bentuk penghormatan terhadap Marwa El Sherbini, seorang muslimah berhijab asal Mesir yang menetap di Dresden, Jerman bersama sang suami, Elwy Ali Okaz.

Suami Marwa adalah seorang ahli biologi molekuler yang sedang mengambil kuliah master di Dresden. Sedangkan Marwa berprofesi sebagai apoteker.

Berawal dari penghinaan seorang laki-laki bernama Alex W terhadap Marwa berupa kalimat kasar menyinggung Islam yang kemudian dilaporkan warga sekitar ke polisi.

Saat kasus itu disidangkan di pengadilan Dresden pada 1 Juli 2009, Alex tiba-tiba menghujamkan pisau ke tubuh Marwa hingga perempuan yang sedang hamil anak kedua itu meninggal dunia di depan anak pertamanya yang masih kecil.

Peristiwa itu menimbulkan reaksi keras di berbagai negara termasuk Iran dan Mesir. Pemerintah Jerman pun mengutuk keras pembunuhan tersebut meskipun banyak yang mengecam keamanan pengadilan Jerman dan menyalahkan aparat keamanan atas aksi brutal tersebut.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women