ASEAN Fest 2023 jadi sarana promosi dan edukasi budaya negara-negara anggota/BI
ASEAN Fest 2023 jadi sarana promosi dan edukasi budaya negara-negara anggota/BI
KOMENTAR

ASEAN Fest 2023 yang diadakan Bank Indonesia menghadirkan Kampung ASEAN di Hall B Jakarta Convention Center pada 22 hingga 25 Agustus 2023. Di Kampung ASEAN, pengunjung dapat merasakan sensasi seolah sedang menjelajahi negara-negara-negara ASEAN.

Uniknya, laksana bepergian sesungguhnya, pengunjung pun menggunakan ‘paspor’ untuk mengunjungi negara anggota ASEAN. Paspor tersebut disediakan di tempat registrasi, dan pengunjung harus melewati meja imigrasi demi mendapatkan cap tanda masuk ke setiap negara yang ingin didatangi.

Dari data yang didapat Farah.id, di Kampung ASEAN terdapat booth yang mewakili 10 anggota ASEAN yang mempromosikan berbagai destinasi wisata andalan masing-masing negara. Indonesia misalnya, mempromosikan destinasi wista Candi Borobudur. Tak hanya destinasi wisata, setiap booth juga memperkenalkan aneka kuliner khas negara masing-masing.

Pengunjung tampak memadati semua booth yang ada. Mereka berkeliling meminta cap setiap negara sebagai bukti telah berkunjung ke negara tersebut. Dan setelah selesai mengunjungi 10 booth, pengunjung bisa kembali ke meja imigrasi untuk mendapatkan cap untuk keluar (seperti ingin pergi ke luar negeri). Selanjutnya, paspor ditukar dengan secangkir kopi yang bisa dinikmati para pengunjung.

Begitu serunya menjelajah setiap booth, seolah-olah masyarakat sedang berada di luar negeri. Mereka pun bisa mengenal aneka budaya, termasuk pariwisata dan kuliner khas dari setiap negara.

Tak hanya mempromosikan budaya masing-masing negara anggota ASEAN, di area Kampung ASEAN juga digelar seminar untuk menyosialisasikan peran Indonesia saat ini sebagai Ketua ASEAN dan juga semangat ASEAN. Di sini hadir pula pameran UMKM, festival inklusi keuangan, serta museum pertemuan ASEAN.




Nikmati Libur Sekolah di Plataran Puncak Villas

Sebelumnya

Kementerian Agama Ingatkan Jemaah Agar Tidak Ketinggalan Rukun Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon