KOMENTAR

UNTUK membahagiakan anak, orang tua harus memberikan waktu bermain. Tujuannya adalah agar anak menjadi ceria dan menjalani kehidupannya sesuai tumbuh kembangnya dengan baik.

Namun demikian, untuk mengajak anak bermain, tidak mesti kita membawanya ke playground di mal yang membutuhkan biaya besar. Ada banyak opsi tempat yang bisa dikunjungi bersama si kecil tanpa harus mengeluarkan biaya.

Orang tua bisa mencari tahu di internet, lokasi mana saja yang bisa menjadi tempat wisata gratis.

Mulai dari piknik di taman di samping rumah, taman-taman kota, alun-alun kota, hingga perpustakaan daerah milik pemerintah. Atau, kita dapat menyisihkan sedikit biaya untuk naik commuter line atau MRT untuk menikmati pemandangan kota Jakarta.

Yang perlu diperhatikan, kita sebagai orang tua tidak perlu malu untuk membawa anak-anak bermain di ruang publik yang memang digratiskan. Mengajak mereka bermain, sejatinya tidak memerlukan status mahal atau murah, melainkan bagaimana orang tua memanfaatkan waktu untuk hadir utuh membersamai anak, sekalipun durasi waktunya tidak panjang.

Jangan salah mengartikan bahwa semakin besar biaya yang kita keluarkan untuk si kecil berbanding lurus dengan semakin tinggi rasa sayang orang tua.

Justru orang tua yang bijak dan menyayangi anaknya dengan tuluslah yang bisa mendapatkan tempat istimewa di hati anak tanpa harus memanjakannya dengan limpahan materi.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News