Ilustrasi lansia bugar/Pixabay
Ilustrasi lansia bugar/Pixabay
KOMENTAR

ADA sejumlah pola kebiasaan hidup yang diyakini dapat memperpanjang usia kita.

Banyak orang beranggapan bahwa gaya hidup sehat mutlak dijalankan untuk bisa memperoleh usia yang lebih panjang, mengingat kehidupan manusia di bumi sudah kian tercemar oleh polusi dan krisis iklim yang memengaruhi daya tahan tubuh manusia.

Berikut ini 4 (empat) kebiasaan yang dianggap banyak orang dapat memperpanjang usia, dilansir dari berbagai sumber.

Rajin bersosialisasi

Ketika mendapat dukungan sosial dari lingkungan sekitar maupun sahabat-sahabat, kita akan merasakan efek positif secara fisik maupun mental.

Ketika kita merasa bahagia karena bertemu kerabat, maka tubuh merasakan pengaruh positif khususnya pada fungsi kardiovaskular, neuroendokrin, dan imunitas tubuh.

Sebaliknya, ketika hubungan sosial kita buruk atau bahkan kita melakukan isolasi sosial, maka akan terjadi kemerosotan psikologis dan fisiologis.

Menjauhi cemas dan stres

Harapan hidup kita semakin pendek jika kita rentan cemas dan stres. Karena itulah kita harus pandai mengelola potensi stres agar tidak mengganggu kesehatan fisik dan mental. Jika pikiran mulai terasa lelah, bersantailah dengan melakukan aktivitas positif yang menyenangkan.

Bergerak dan bergerak

Memiliki aktivitas fisik yang rutin tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh tapi juga diangap dapat membantu memperpanjang usia. Tak butuh banyak waktu untuk berolahraga, cukup 15 menit setiap harinya atau 150 menit setiap minggu untuk merasakan dampak positifnya.

Bergerak dan bergeraklah, agar kesehatan sistem dan fungsi organ dalam tubuh selalu terjaga baik.

Asupan kalori tidak berlebihan

Mengonsumsi lebih sedikit makanan berkalori dipercaya dapat membantu memperpanjang usia.

Tidak hanya itu, sedikit kalori juga berarti berat badan yang tidak berlebihan dan kurangnya lemak perut. Demikian pula daya tahan tubuh menjadi lebih terjaga sehingga mengurangi risiko terkena penyakit.




Cegah TBC pada Anak dengan Vaksin BCG, Jangan Lupa Kenali Efek Sampingnya

Sebelumnya

Vitiligo Bukan Untuk Dijauhi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health