Ilustrasi ikan Koi/Pixabay
Ilustrasi ikan Koi/Pixabay
KOMENTAR

KAISAR Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Owada Masako sedang berada di Indonesia pada 17-23 Juni 2023. Inilah kunjungan pertama pemegang tampuk kekaisaran tertinggi Jepang itu setelah resmi naik takhta pada tahun 2019.

Kedatangan Kaisar dan Permaisuri Jepang di Indonesia adalah jawaban dari undangan yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Jepang pada Juli 2022.

Hubungan diplomatik Indonesia-Jepang diketahui sudah berjalan baik. Namun, dikutip dari berbagai sumber, ada satu cerita menarik yang menambah harmonis hubungan Indonesia dan Jepang: ikan Emas.

Sebuah kisah dibagikan Kaisar Akihito kepada Ketua DPR periode 2014-2019 Setya Novanto yang berkunjung ke Jepang di tahun 2015.

Kaisar Akihito mengisahkan pengalamannya berkunjung ke Indonesia pada tahun 1962. Saat kembali ke negaranya, Akihito (kala itu belum menjadi kaisar) membawa ikan Emas untuk dikawinkan dengan ikan Koi khas Jepang.

Selang 29 tahun kemudian, tepatnya 3 Oktober 1991, saat mengunjungi kembali Indonesia dalam statusnya sebagai Kaisar Jepang, Kaisar Akihito membawa 50 ekor ikan hasil perkawinan silang ikan Emas dan ikan Koi yang diberi nama Kumpai. Sebagai balasan, Presiden Soeharto kala itu menawarkan ikan Arwana.




Hari Pendidikan Nasional 2024: Semangat Ki Hajar Dewantara untuk Bergerak Bersama Mencerdaskan Bangsa

Sebelumnya

Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon