KOMENTAR

MENYUSUI adalah momen indah yang bisa dirasakan para ibu setelah melahirkan. Meskipun begitu, pengalaman menyusui ini tak selamanya berjalan mulus bagi beberapa Ibu, misalnya terjadi mastitis, ASI yang tidak lancar, ASI mengeluarkan darah, hingga yang baru-baru ini yang sempat viral adalah, ASI keluar dari ketiak. 

Faktanya, ASI keluar dari ketiak adalah hal yang nyata dan bisa dialami sekitar 6 persen perempuan yang ada di dunia. Kondisi unik ini, tentu saja tidak akan menghalangi ibu menyusui dalam memberikan ASI untuk si kecil.

Melansir laman Parents, ASI keluar dari ketiak juga bisa merupakan sebuah indikasi kondisi tertentu yang biasa disebut dengan Pitties Breastfeeding. Andrea Tan, RN, BSN, MA, IBCLC (seorang pakar di bidang menyusui) yang berada di Colorado mengungkapkan bahwa Pitties Breastfeeding adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya jaringan payudara yang terlihat seperti benjolan seukuran telur pada area ketiak.

Jaringan ini termasuk golongan jaringan payudara, yang tidak mengalir dengan baik sehingga mengalami pembengkakan pada area ketiak tersebut. Melansir laman Belly-Belly, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pembengkakan pada area ketiak:

1. Mengompres dingin bagian ketiak 

ASI keluar dari ketiak memang momen langka, namun kondisi ini hanya terjadi pada beberapa Ibu menyusui dengan jumlah yang sangat sedikit. Untuk mengatasi hal ini, ibu bisa mengompres bagian ketiak yang mengeluarkan ASI tersebut dengan air dingin.

Caranya, siapkan handuk bersih dan satu baskom air dingin. Celupkan handuk tersebut, peras hingga tidak terlalu basah lalu kemudian aplikasikan pada ketiak yang mengalami pembengkakan.

2. Mandi air hangat agar lebih nyaman

Mandi dengan air panas atau hangat akan membuat tubuh ibu merasa nyaman dan rileks. Saat mandi air hangat ini, usaplah bagian yang bengkak pada ketiak dengan lembut.

Hal ini akan membantu ibu merasakan sensasi nyaman yang menenangkan. Berendam dengan air hangat, juga dapat membantu meredakan bengkak atau nyeri yang mungkin muncul.

3. Melakukan pijatan lembut pada ketiak

Ambil sedikit minyak pijat atau baby oil, kemudian pijatlah bagian ketiak yang bengkak dengan minyak tersebut. Pijatan yang lembut ini akan membuat rileks bagian tubuh yang bengkak dan membuatnya tidak kaku.

4. Menggunakan daun kubis (kol) pada bagian yang bengkak

Pemakaian daun kol atau kubis untuk mengurangi bengkak pada payudara sering dilakukan beberapa ibu. Hal ini bisa juga dilakukan, untuk mengompres bagian ketiak yang mengalami pembengkakan akibat ASI keluar dari ketiak.

5. Memompa ASI pada ketiak

Mungkin terdengar sedikit asing, namun faktanya, untuk mengurangi pembengkakan akibat adanya ASI keluar dari ketiak, ibu bisa mulai memompa bagian ketiak tersebut hingga air susu berkurang lho. Coba lakukan secara rutin seperti saat ibu melakukan pumping pada kedua payudara.

Meski begitu, ibu tetap perlu mengetahui Pitties breastfeeding ini, tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan mudah, karena umumnya gejala dapat hilang dalam waktu 24 hingga 48 jam.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health