Ilustrasi recharge mobil listrik/Net
Ilustrasi recharge mobil listrik/Net
KOMENTAR

TREN penggunaan kendaraan listrik mulai meningkat walau rasionya masih sangat kecil dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM). Tren ini diperkirakan akan terus meningkat seiring diterbitkannya Instruksi Presiden No 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas.

Mengambil data Kementerian Perhubungan per Juli 2022, jumlah kendaraan listrik yang beredar saat ini adalah 22.671 unit, dan terdiri atas mobil barang 6 Unit, mobil bus (43 unit), sepeda motor 19.698 unit, kendaraan roda tiga 270 unit, serta mobil penumpang empat roda 2.654 unit.

Terkait hal ini, kemungkinan akan ada kenaikan jumlah penggunaan kendaraan listrik yang dipakai untuk mudik lebaran. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kendaraan listrik saat mudik.

Bawa baterai cadangan

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, ketika hendak mudik dengan mobil listrik, pastikan kendaraan dalam kondisi prima, baterai terisi full, dan jika perlu bawa baterai cadangan.

Infografis Farah.id

Perhatikan Stasiun Pengisian Kendaraan listrik Umum (SPKLU)

Saat ini, Jasa Marga telah menyiapkan 14 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di berbagai tempat peristirahatan di sepanjang tol Trans Jawa. SPKLU tersebar di ruas tol Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, dan Jagorawi, Palikanci, Semarang-Batang, Semarang-Solo, dan Semarang Ngawi, baik di jalur A maupun B.

Simpan nomor mobil derek

Selalu simpan nomor kontak darurat mobil derek. “Jika memang ada kendaraan listrik yang kehabisan daya di jalan tol, maka telah disiapkan mobil derek untuk mengangkut ke tempat istirahat dengan SPKLU terdekat. Termasuk, antisipasi jika terjadi kepadatan di tempat beristirahat saat masa arus mudik.

Buka aplikasi PLN Mobile

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, bagi pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya, tinggal buka aplikasi PLN Mobile. Setelah aplikasi terbuka, pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU. PLN Mobile akan menampilkan sejumlah SPKLU terdekat dan aktif dengan lokasi penggunaan mobil listrik.

“PLN memastikan infrastruktur pendukung kendaraan listrik tersedia di jalur mudik sehingga memudahkan pengguna mobil listrik yang mudik untuk melakukan pengisian daya,” kata Darmawan.




Miliki Lebih dari 68 Dapur Umum, World Central Kitchen Kembali Beroperasi di Gaza PascaSerangan Israel yang Membunuh 7 Pekerja

Sebelumnya

Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News