Ilustrasi
Ilustrasi
KOMENTAR

IDUL Fitri adalah momen berkumpul bersama keluarga besar. Tidak sedikit hal-hal istimewa hadir di momen ini, seperti berbagi amplop THR untuk anak-anak.

Bagi yang dewasa dan sudah bekerja, tentu memikirkan membahi THR untuk anak-anak yang hadir di sekitarnya. Rasanya akan kurang afdol jika kita tidak menyediakan THR untuk mereka.

Meski harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit, namun berbagi THR dengan sanak saudara adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Ada kepuasan batin serta kebahagiaan yang tidak ternilai harganya.

Nah untuk tahun ini, Bank Indonesia menyediakan layanan penukaran uang baru secara offline maupun online di seluruh wilayah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk Idul Fitri 2023. Masa penukaran dibuka mulai 27 Maret-20 April 2023. Setiap orang dibatasi maksimal penukaran baru sebesar Rp3,8 juta.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan pihaknya menyediakan uang tunai Rp195 triliun untuk layanan penukaran uang. Jumlah tersebut naik 8,22 persen dibanding tahun sebelumnya.

Uang yang tersedia merupakan emisi dari 2016-2022. Masyarakat bisa memilih stok uang yang tersedia.

Khusus Jabodetabek, tersedia uang tunai sebanyak Rp48,2 triliun yang terbagi di 599 titik. Layanan penukaran uang ini sudah dibuka sejak 20 Maret hingga 20 April 2023.

Lokasi penukaran uang

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) menyediakan opsi layanan penukaran melalui terminal, pasar, dan stasiun. Bank sentral juga membuka layanan kas keliling susur sungai, khusus untuk wilayah Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah, mulai 27 Maret hingga 19 April 2023.

Khusus wilayah DKI Jakarta, layanan penukaran uang melalui kas keliling dimulai pada 3-14 April 2023 di 16 bank melalui layanan kas keliling bersama.

  1. Masjid: Masjid Hasyim Asyari, Masjid Istiqlal, Masjid At-Tin, Masjid Islamic Center, dan Masjid Al Azhar.
  2. Pasar: Pasar Kopro, Pasar Pramuka, Pasar Rawabening, Pasar Slipi, Pasar Koja, Pasar Tebet, Pasar Palmerah, Pasar Bening, dan Pasar Induk kramat Jati.
  3. Parkir Timur GBK pada 8-9 April 2023

Khusus untuk layanan penukaran keliling, diharapkan memesan penukaran terlebih dulu melalui aplikasi PINTAR, dengan cara:

  • Buka situs PINTAR melalui https://pintar.bi.go.id
  • Pilih menu penukaran uang rupiah melalui kas keliling pada laman utama situs
  • Pilih provinsi untuk menukar uang yang diinginkan
  • Tentukan lokasi, tanggal, jam yang tersedia sesuai kebutuhan
  • Isi data pemesanan, mencakup NIK KTP, Nama Lengkap, nomor telepon, dan alamat email
  • Isi jumlah lembar atau keeping uang rupiah yang ingin ditukarkan di kas keliling, lalu simpan bukti pemesanan
  • Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penularan

Sementara itu, mulai 15-19 April 2023, BI menambahkan lokasi penukaran di rest area jalan tol di Pulau Jawa, Lampung, Palembang, serta di alur penyeberangan di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Untuk penukaran ini tidak perlu memesan melalui aplikasi PINTAR.




Lonjakan Kasus COVID-19 di Singapura, Menkes Budi Gunadi Sadikin: Jangan Panik, Tingkat Penularan dan Angka Kematian Sangat Rendah

Sebelumnya

Tegaskan Kenaikan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru, Nadiem Makarim: Yang Lebih Mampu Bayar Lebih Besar, Yang Tidak Mampu Bayar Lebih Sedikit

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News