KOMENTAR

ASAM urat menjadi masalah bagi banyak orang dan menjadi gangguan yang cenderung menetap. Saat terjadi serangan asam urat, orang menjadi 'tidak berdaya' untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan kondisi tersebut tentu mengganggu produktivitas.

Asam urat adalah kondisi gangguan metabolisme asam urat yang terjadi di dalam tubuh. Kadar asam urat tinggi dapat memicu utama masalah tersebut. Yang berbahaya, asam urat bisa memperburuk fungsi ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Untuk mengatasi masalah asam urat, ada makanan yang bisa menjadi penyelamat dan sangat mudah didapat.

Penelitian dari PubMed Central dari Achieves of Internal Medicine di tahun 2009 menyebutkan bahwa buah pisang yang manis dan egit mengandung sedikit kandungan purin namun kaya vitamin C, sehingga baik untuk dikonsumsi  penderita asam urat.

Tak hanya itu, pisang pun mempunyai kandungan sejumlah nutrisi yang bisa mengendalikan kondisi asam urat.

Purin merupakan zat yang diproduksi tubuh secara alami juga dapat ditemukan pada beberapa makanan. Dan kita tahu bahwa asam urat adalah limbah yang diproduksi tubuh saat memecah atau mengelola purin.

Pada umumnya asam urat dapat larut ke dalam darah sebelum disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin.  Dan saat tubuh tidak dapat mengelola kadar asam urat yang berlebihan, lama-kelamaan akan membentuk kristal yang menjadi penyebab peradangan juga nyeri pada bagian sendi.

Kondisi tersebut menyebabkan terjadinya serangan asam urat.

Disebutkan Healthline, rutin mengonsumsi pisang yang rendah purin namun kaya vitamin C dapat mengontrol serangan asam urat. Asupan kaya vitamin C dalam pola makan seseorang dapat mengurangi risiko terkena asam urat.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih mendalam terkait manfaat pisang untuk mencegah asam urat. Artinya, pasien juga masih harus mengonsumsi obat penurun asam urat dari dokter untuk memastikan kondisi terkendali.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health