Pertemuan informal Xi Jinping & Putin/ AFP
Pertemuan informal Xi Jinping & Putin/ AFP
KOMENTAR

PRESIDEN China Xi Jinping memulai kunjungan kenegaraan ke Rusia pada Senin (20/3/2023) yang disebut-sebut Beijing sebagai "kunjungan untuk perdamaian" karena berusaha berperan sebagai mediator dalam perang Vladimir Putin di Ukraina.

Xi menyebut Putin sebagai "teman lama". Beijing dan Moskow juga semakin dekat dalam beberapa tahun terakhir di bawah kemitraan "tanpa batas" yang berfungsi sebagai benteng diplomatik melawan Barat.

Perjalanan tiga hari Xi adalah yang pertama ke Rusia—sang sekutu utama China—selama hampir empat tahun, dan telah dijelaskan oleh Moskow sebagai pengantar "era baru" dalam hubungan kedua pihak.

Kunjungan ini terjadi lebih dari setahun setelah serangan Rusia terhadap tetangganya di Eropa mengisolasi Moskow di panggung internasional.

Perjalanan itu akan diawasi dengan ketat di ibu kota Barat untuk tanda-tanda Xi mungkin mendorong pembicaraan damai antara Moskow dan Kyiv.

The Wall Street Journal melaporkan Xi juga bisa merencanakan panggilan telepon pertamanya dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sejak perang dimulai.

Xi dan Putin akan mengadakan pertemuan empat mata dan makan malam "informal" pada Senin sebelum negosiasi pada Selasa, penasihat kebijakan luar negeri utama Putin Yuri Ushakov mengatakan kepada kantor berita Rusia.

Mereka akan menandatangani kesepakatan "untuk memperkuat kemitraan komprehensif (kedua negara) dan hubungan strategis memasuki era baru" serta deklarasi bersama kerja sama ekonomi Rusia-China hingga tahun 2030.

Beijing ingin memposisikan diri sebagai pembawa pesan damai untuk konflik Rusia-Ukraina setelah meningkatkan kredibilitasnya sebagai perantara kekuatan internasional dengan memediasi rekonsiliasi diplomatik yang mengejutkan antara Arab Saudi dan Iran.

Namun para analis politik mengatakan Xi tidak mungkin mengatur pemulihan hubungan serupa dalam perang Ukraina mengingat hubungan hangat China dengan tetangga utaranya yang besar.

China menggambarkan diri sebagai pihak “netral” dalam konflik Ukraina, menolak mengutuk invasi Rusia sambil menegur Amerika Serikat dan negara-negara NATO karena memberikan dukungan militer kepada Kyiv.

Sikap itu menuai kritik dari negara-negara Barat, yang memandang Beijing diam-diam mendukung agresi Rusia dan memberikan perlindungan diplomatik untuk Moskow.

Mereka berpendapat bahwa proposal China untuk mengakhiri perang berat pada prinsip-prinsip besar tetapi ringan pada solusi praktis.

Sementara itu, Putin menyambut kesediaan China untuk memainkan peran konstruktif dalam mengakhiri konflik di Ukraina, dan mengatakan dia memiliki harapan besar atas pembicaraannya dengan Xi.

Dalam sebuah artikel yang ditulis untuk surat kabar China dan diterbitkan oleh Kremlin, dia menambahkan bahwa hubungan China-Rusia berada pada titik tertinggi dalam sejarah.

Kementerian luar negeri China memuji perjalanan Xi sebagai "kunjungan untuk perdamaian" yang bertujuan untuk mempraktikkan multilateralisme sejati dan meningkatkan tata kelola global dan memberikan kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan dunia.

Namun, memperburuk isolasi internasional Rusia, Pengadilan Kriminal Internasional mengumumkan surat perintah penangkapan untuk Putin pada hari Jumat (17/3/2023) atas tuduhan kejahatan perang yaitu mendeportasi anak-anak Ukraina secara tidak sah, seperti dilaporkan AFP




Protes 28 Pegawai Berujung Pemecatan: Desak Google Putuskan Kontrak Kerja Sama dengan Israel

Sebelumnya

Israel Luncurkan Serangan Balasan, Iran: Isfahan Baik-Baik Saja

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News