KOMENTAR

SEBAGIAN masyarakat Indonesia sudah tak asing dengan bandara Changi di Singapura. Dari tahun ke tahun, kita dibuat semakin terpesona dengan keindahan interior, fasilitas lengkap berstandar internasional, dan kecanggihan sistem operasional yang digunakan.

Dengan berbagai keunggulannya, Skytrax menobatkan bandara Changi sebagai Bandara Terbaik di Dunia (World's Best Airport) 2023 dalam agenda Skytrax World Airport Awards. Dan pencapaian ini menjadi luar biasa karena Changi mencetak rekor baru karena terpilih untuk ke-12 kali!

Tak hanya itu, Changi juga memenangkan Restoran Terbaik Bandara di Dunia, Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik, dan Bandara Terbaik di Asia.

Kita ikut merasa bangga dengan pencapaian negara tetangga yang berhasil mengalahkan bandara-bandara hebat lainnya terutama di Eropa dan Amerika Serikat.

“Kami merasa terhormat dinobatkan sebagai Bandara Terbaik Dunia untuk yang ke-12 kalinya. Penghargaan ini merupakan dorongan besar bagi seluruh tim yang bertugas di Singapore Changi Airport, yang telah berdiri teguh bersama untuk melawan tantangan di masa COVID-19 selama dua tahun terakhir. Kami berterima kasih atas dedikasi para pekerja dalam melayani penumpang dan menjaga kualitas layanan agar Singapura tetap menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Kami juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para penumpang kepada kami selama ini. Dukungan Anda memberikan semangat pada kami untuk terus unggul berinovasi dalam hal pelayanan. Kami berharap seluruh orang yang berkunjung di Singapore Changi Airport dapat memiliki pengalaman yang menakjubkan,” ungkap Chief Executive Officer of Changi Airport Group (CAG) Lee Seow Hiang dalam keterangan yang diterima Farah.id.

Skytrax World Airport Awards mencerminkan pandangan dari para wisatawan. Setiap tahun, responden dari lebih dari 60 negara mengikuti survei kepuasan pelanggan global untuk menilai fasilitas dan layanan pelanggan di lebih dari 550 bandara. World Airport Awards sepenuhnya didanai Skytrax.

Edward Plaisted, CEO of Skytrax, mengatakan, “Penghargaan ini berasal dari pelanggan bandara dan menegaskan popularitas Singapore Changi Airport di kalangan wisatawan mancanegara. Memenangkan penghargaan Bandara Terbaik Dunia adalah pengakuan yang sangat jelas atas upaya seluruh staf di bandara yang berkontribusi besar pada kesuksesan bandara.”

Peningkatan jumlah penumpang dan ritel perjalanan pasca-pandemi 

Sejak Pandemi COVID-19 mereda dan aktivitas penerbangan dapat dilakukan hampir secara normal, kondisi lalu lintas penumpang di bandara Changi telah pulih sekitar 80 persen. Pada tahun 2024, aktivitas di bandara Changi diproyeksi akan pulih total. Adapun pada tahun 2022, bandara Changi menjadi bandara yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari Australia, India, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Delapan maskapai saat ini mengoperasikan 391 penerbangan mingguan di bandara Changi yang menghubungkan Singapura dengan 10 kota di Indonesia. 

Penambahan infrastruktur dan titik kontak penumpang

Singapore Changi Airport membuka kembali Terminal 2 dan 4 pada tahun 2022 karena tingginya aktivitas perjalanan. Selain itu, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pelayanan penumpang, bandara Changi mengadakan perluasan dan renovasi di Terminal 2 (T2) pada tahun 2020 dan telah dibuka secara bertahap.

Changi juga meluncurkan beberapa inisiatif untuk meningkatkan pengalaman penumpang. Di antaranya peningkatan Pelacak Bagasi yang dipersonalisasi di aplikasi iChangi sejak tahun 2022, agar penumpang dapat melacak status bagasi mereka. Selain itu, Jewel’s Check-In Lounge telah dibuka kembali dan semakin banyak maskapai yang menawarkan layanan ini kepada penumpang.

Pengalaman rekreasi, bersantap, dan ritel baru

Bandara Changi juga terus mengembangkan fasilitas entertainment bagi masyarakat. Selain atraksi bertema alam, pengalaman ramah keluarga di Changi kini juga mencakup Chandelier, sebuah atraksi panjat tebing dan struktur permainan setinggi 16 meter.

Bandara Changi juga memiliki lebih dari 550 toko ritel dan restoran, menghadirkan pengalaman perjalanan dan transit yang menarik dan beragam bagi para wisatawan.

Acara khusus berisi kejutan bagi para penumpang “Be A Changi Millionaire” kembali hadir untuk kali ke-11 tahun ini. Acara yang telah berjalan sejak 2010 ini memberikan kesempatan kepada para penumpang untuk memenangkan hadiah utama sebesar 1 juta dolar Singapura dengan melakukan satu kali transaksi di bandara. Diketahui bahwa pemenang tahun 2013, 2016, dan 2017 berasal dari Indonesia.

Menyesuaikan Konten untuk Penumpang Indonesia

Bandara Changi selalu membuat konten agar tetap relevan dengan penumpang Indonesia dalam Bahasa Indonesia.

Changi telah mengembangkan situs web komprehensif dengan persyaratan perjalanan dan informasi bandara, blog perjalanan Travel Journal untuk menginspirasi pembaca untuk berkeliling dunia, menjelajahi Singapura dan menemukan Changi serta akun Instagram Indonesia untuk terhubung dengan para penggemarnya.




Lucunya Pokemon Berbaju Batik

Sebelumnya

Sandiaga Uno Apresiasi Dampak Positif Libur Lebaran bagi Pelaku Parekraf Tanah Air

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon