Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KRAM perut dan nyeri saat menstruasi kerap membuat perempuan berkurang produktivitasnya. Alih-alih fokus mengerjakan suatu hal, rasa nyeri di perut pada akhirnya memaksa banyak perempuan untuk berbaring.

Untuk tetap mampu beraktivitas, ada tiga makanan versi Greatist yang bisa dikonsumsi untuk membantu mengurangi nyeri haid.

Cokelat

Nutrisi dalam cokelat membuatnya menonjol sebagai makanan teratas untuk membantu mengatasi kram. Pertama, cokelat adalah sumber magnesium, yang membantu relaksasi otot. Cokelat pun kaya akan polifenol, senyawa kimia yang menurunkan peradangan di tubuh. Cokelat juga dapat meningkatkan produksi dopamin, yang membantu meningkatkan suasana hati.

Dan karena nyeri menstruasi terkait dengan penurunan hormon dan neurotransmiter, cokelat dapat mengisi kekosongan itu. Cokelat hitam sangat padat nutrisi. Carilah cokelat dengan kandungan 70 persen kakao atau lebih untuk cara terenak meredakan kram.

Jahe

Menurut sebuah penelitian, jahe dapat membantu mengatasi peradangan dan nyeri haid sama seperti obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Sebuah tinjauan terhadap tujuh penelitian tentang jahe dan gejala menstruasi menemukan bahwa hanya dengan mengonsumsi bubuk jahe selama beberapa hari pertama menstruasi dapat membantu meredakan nyeri. Dan bonusnya, pencernaan terjaga dan perut bebas kembung.

Sayuran hijau

Siapa sangka menambahkan satu porsi bayam ke piring dapat mengurangi masa menstruasi yang menyakitkan. Sayuran hijau mengandung zat besi untuk mengisi kembali apa yang hilang dari menstruasi. Sayuran hijau juga tinggi serat dan mengandung banyak fitokimia untuk mendukung pengurangan peradangan.

Cobalah untuk memasukkan berbagai jenis sayuran sepanjang bulan seperti kangkung, bayam, atau swiss chard.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health