Ilustrasi anak makan sup/Net
Ilustrasi anak makan sup/Net
KOMENTAR

KASUS gagal ginjal akut yang dilaporkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta kembali meresahkan para orang tua. Beberapa orang tua mengaku bingung, harus bagaimana jika anak mengalami demam, batuk, dan pilek yang berkepanjangan dan memerlukan pengobatan segera.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ngabila Salama mengatakan, ada baiknya orang tua bersikap bijak, dengan tidak terburu-buru memberikan obat saat anak sakit.

“Lakukan terapi nonobat sebagai langkah awal ketika anak sakit. Jangan responsif, dikit-dikit harus minum obat. Lakukan dulu terapi nonobat untuk mencegah gangguan gagal ginjal akut,” kata Ngabila, di Jakarta, Senin (6/2).

Demam, batuk, dan pilek pada bayi atau balita mayoritas disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit ini dapat sembuh sendiri, tanpa minum obat. Terapi nonobat adalah cara paling ampuh untuk menyembuhkannya. Yaitu dengan mencukupi asupan makanan dan minuman, serta istirahat yang cukup.

Selain terapi nonobat, Ngabila menyarankan orang tua untuk melakukan ini ketika anak mengalami demam:

  • Jika bayi atau balita demam dan disertai batuk pilek karena infeksi virus, kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus minum obat. Caranya, berikan makanan, minuman, dan istirahat yang cukup untuk membantu proses pemulihan dengan cepat.
  • Jika ingin minum obat, pastikan sesuai dengan resep dan anjuran dokter, baik itu obat sirup atau puyer.
  • Pantai gejala anak setelah diberi obat. Jika kondisi tidak membaik atau ada keluhan tambahan, seperti produksi air kencing berkurang atau tidak ada sama sekali (meskipun banyak minum), segera periksakan kembali ke dokter yang merawat.
  • Biasakan jangan langsung memberikan terapi obat, coba dulu dengan terapi nonobat, apalagi jika demam anak masih di bawah 38 derajat Celcius.
  • Tidak perlu menjadi orangtua yang antiobat. Jika memang kondisi anak sangat membutuhkan obat, terutama jika dalam kondisi tertentu, sebaiknya segera berikan sesuai dengan resep dokter. Apalagi jika demam sudah di atas 38 derajat Celcius.
  • Gunakan obat puyer sebagai alternatif obat sirup.

Nah Ayah Bunda, perhatikan belum asupan makanan dan gizi anak. Lakukan terapi nonobat terlebih dulu jika mendapati anak mengalami demam di bawah 38 derajat Celcius, batuk, maupun pilek.

Jika anak mendesak harus dibawa ke rumah sakit, dengarkan anjuran dokter dan beli obat sesuai resep yang diberikan.




Puasa Tetap Aman Bagi Pengidap Diabetes Melitus

Sebelumnya

Cegah TBC pada Anak dengan Vaksin BCG, Jangan Lupa Kenali Efek Sampingnya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health