KOMENTAR

MANUSIA adalah makhluk yang memiliki beragam karakter atau kepribadian. Di antara sekian banyak karakter tersebut, Hipocrates mengelompokkan manusia menjadi 4 kepribadian, yaitu:

1# Sanguinis

Tipe kepribadian ini ditandai dengan adanya sifat yang banyak bicara, hangat, bersemangat, dan lincah. Seseorang yang memiliki kepribadian ini cenderung meledak-ledak dan suka menjadi pusat perhatian.

Ciri-ciri lain dari sanguinis adalah ramah dan humoris serta pemberani. Ia cenderung dapat mencairkan suasana dan memiliki kecerdasan interpersonal.

Kelemahan dari kepribadian tipe ini adalah pelupa, berantakan dan sulit berkonsentrasi serta cenderung kurang rapi.

2# Koleris

Karakter dari kepribadian koleris adalah suka memotivasi orang lain, tegas, mandiri, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tidak suka basa basi, dan memiliki kepercayaan diri serta jiwa kepemimpinan yang kuat.

Sifat lainnya dari koleris adalah ambisius, suka berdebat dan relatif egois. Ia juga cenderung kurang sabar dan ingin segala sesuatu cepat terlaksana atau terwujud.

3# Melankolis

Kepribadian melankolis memiliki ciri-ciri sifat perfeksionis, analisis, teratur, dan sensitif. Umumnya karakter melankolis ini memiliki jiwa seni yang tinggi. Ia juga lebih suka menyendiri dan tidak suka banyak bicara. Terkait dengan hubungan pertemanan, karakter melankolis bersifat suka berkorban, namun jika merasa tersakiti atau terkhianati, ia dapat berubah sifat menjadi pendendam dan antagonis.

4# Phlegmatis

Kepribadian tipe ini dikenal dengan pribadi yang cinta damai. Sifat lain dari kepribadian ini adalah terlihat cukup tenang, emosi relatif stabil, santai, juga tidak pernah merasa terganggu atau iri dengan kehidupan orang lain.

Mereka juga mudah bergaul dan menyenangkan karena suka membantu serta dapat diandalkan dalam situasi apapun. Bagi mereka, hidup adalah kegembiraan dan kebahagiaan. Hal tersebut membuat mereka sering menjauh dari hal-hal yang tidak menyenangkan.

Namun seseorang dengan sifat ini cenderung kurang motivasi dan tidak berani mengambil keputusan sendiri.

Umumnya seseorang memiliki kepribadian yang merupakan gabungan dari dua atau lebih dari kepribadian di atas. Karakter yang mereka miliki dipengaruhi oleh pola asuh, budaya di dalam keluarga. Dan terkadang kepribadian mereka juga dapat berubah karena pengalaman hidup dan pengaruh dari lingkungan.




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family