KOMENTAR

DI Kota Surabaya ada jalur kereta yang melewati Pusat Grosir Surabaya (PGS), pusat grosir terbesar di ibu kota provinsi Jawa Timur itu. Jalur kereta berada tepat di bawah gedung pusat perbelanjaan tersebut.

Menurut PT KAI, jalur kereta yang melintasi PGS adalah satu-satunya di Indonesia. Pusat Grosir Surabaya yang berlokasi di Jalan Dupak Raya, Gundih, Bubutan, itu didirikan pada tahun 2007.

Pusat Grosir Surabaya berada dekat dengan Stasiun Pasar Turi berjarak 650 meter. Kondisi tersebut memudahkan para wisatawan maupun mereka yang ingin berbelanja untuk berangkat dan pulang menggunakan transportasi kereta.

Jalur tersebut bukan baru dibuat. Sudah sejak lama, jalur tersebut digunakan untuk kereta barang. Umumnya kereta yang melintas berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak dan Depo.

Saat ini setiap harinya, sekitar 20 perjalanan kereta atau langsiran dari depo melintas jalur ini. Mulai dari KA lokal, KA jarak jauh, juga KA barang.

Di antara KA jarak jauh yang melintas adalah Jaya Baya dan Blambangan Ekspres. Ada pula kereta barang dari Jakarta.

Untuk memastikan keamanan jalur yang ramai ini, PT KAI sudah menerjunkan petugas penilik kereta api setiap hari. Masyarakat pun diimbau untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas, termasuk tidak menerobos palang pintu kereta api.

Kota Surabaya dikenal sebagai salah kota besar di Tanah Air dengan perkembangan yang sangat pesat. Tak heran bila aktivitas ekonomi di kota ini berjalan semarak.




BJB Tawarkan Program Cashback untuk Transaksi Pembelian dan Penjualan Obligasi

Sebelumnya

Mudahnya Memiliki Rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah dari BJB

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon