KOMENTAR

SI kecil merengek saat harus kembali ke sekolah. Selama liburan lebih dari dua pekan, ia memang sangat menikmati hari-harinya untuk bersantai, bermain, berkumpul dengan saudara-saudara, dan berjalan-jalan ke banyak tempat wisata.

Dan ketika anak harus masuk sekolah kembali, ia pun mencari 1001 alasan untuk tidak belajar.

Ayah bunda jangan khawatir, Praktisi Pendidikan Retno Ekapuri, S.Pd., M.Si memberikan tiga tips untuk menyemangati si kecil saat harus masuk sekolah setelah liburan.

  1. Ajak anak menyiapkan barang-barang keperluan sekolah. Jika diperlukan untuk membeli peralatan baru, ajak si kecil jalan-jalan bersama anggota keluarga lainnya. Jika memang tidak membeli barang-barang baru, ajak si kecil berbincang sambil memilah berbagai peralatan sekolahnya.
  2. Mulai berdiskusi tentang kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada semester baru, ektra kurikuler yang akan diikuti, dan target apa yang mau dicapai.
  3. Bersama-sama membayangkan betapa serunya berinteraksi kembali dengan teman-teman di sekolah dan bertemu para guru yang baik hati.

Sangat penting bagi ayah bunda untuk mengobarkan kembali semangat si kecil untuk mau kembali belajar di sekolah.

Ayah bunda juga bisa membuka buku-buku pelajaran untuk me-refresh ingatannya tentang pelajaran yang sudah dia kuasai selama ini. Buatlah anak merasa bahwa tidak ada yang susah untuk kembali belajar (dan bermain) bersama teman-teman di sekolah.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting