KOMENTAR

SAHABAT Farah, pernahkah melihat bunga Wijaya Kusuma pada saat mekar? Banyak orang memujinya cantik dan anggun. Tanaman ini memiliki bentuk bunga yang besar dan eksotis serta termasuk ke dalam jenis kaktus anggrek.  

Wijaya Kusuma mendapat julukan “Queen of The Night” atau Ratu Malam karena berbunga pada malam hari. Flora ini memiliki daun berwarna hijau, berbentuk pipih, dan pada bagian ujung di sekitar daun terdapat lekukan-lekukan kecil dan keras.

Jenis Wijaya Kusuma

Dikutip dari Cybex Kementerian Pertanian RI, ada beberapa spesies yang mirip dengan Wijaya Kusuma.

1# Epiphyllum pumilum

Bunga kaktus ini memiliki kelopak berwarna putih dengan aroma yang harum dan dihiasi bulir-bulir pada bagian batang. Jika diperhatikan lebih detail terdapat gradasi warna kekuningan pada setiap kelopak bunganya. Diameter bunga berkisar 10-15 cm dan tinggi sekitar 150 cm. Spesies ini banyak terdapat di daerah Meksiko.

2# Epiphyllum crenatum

Warna bunganya putih agak krem. Berbentuk bulat sedikit lonjong serta memiliki biji berwarna hitam. Diameter bunga sekitar 15-20 cm dengan warna daun hijau sedikit keabu-abuan.

3# Epiphyllum laui

Warna bunga ada yang merah dan ada juga yang kuning keputihan. Bentuk bunga menyerupai corong dengan panja ng 12-16 cm dan diameter 14-16 cm. Tanaman ini memiliki buah yang berwarna merah dan berbentuk lonjong dari hasil penyerbukan. Daunnya berwarna hijau dan bagian tepi berliku dan memiliki biji berwarna hitam.

4# Epiphyllum hookeri

Tanaman ini berasal dari California. Bunganya berwarna putih mekar memanjang seperti jari yang melingkar. Tangkai putik berwarna merah muda dan agak sedikit ungu. Jumlah mahkotanya berkisar 20-25 helai per tangkai. Bunga ini mirip seperti teratai yang sedang mekar. Tanaman ini memiliki batang yang kokoh dan panjang dengan diameter 36-48 cm dan tinggi 90-120 cm.

Perawatan Wijaya Kusuma

Wijaya Kusuma dapat tumbuh di dalam pot. Seperti tanaman kaktus lainnya, tanaman ini tidak membutuhkan air yang terlalu banyak, karena akan membuat tanaman menjadi busuk. Cocok diletakkan di tempat yang sejuk, karena jika terlalu banyak terkena sinar matahari daunnya akan menguning.

Bunga Wijaya Kusuma, pada saat mekar hanya bertahan satu malam saja, keesokan harinya akan menjadi layu. Dengan pemupukan dan perawatan yang baik, tanaman ini dapat tumbuh subur dan berbunga.




Kementerian Agama Ingatkan Jemaah Agar Tidak Ketinggalan Rukun Haji

Sebelumnya

Teori Agenda Setting: Media Massa dan Politik

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon