KOMENTAR

SATUAN Tugas Penanganan COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengingatkan masyarakat bahwa status pandemi masih berlaku. Hal ini berarti PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang ditetapkan pemerintah pun masih berlaku.

Satgas COVID IDI menegaskan pentingnya masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan di masa liburan akhir tahun. Terlebih lagi, sudah banyak acara yang melibatkan kerumunan dilaksanakan menyambut pergantian tahun.

Pelaksanaan prokes menjadi sebuah keharusan untuk menekan angka kasus COVID-19 agar tidak melonjak seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

"Kami berharap masyarakat tetap menjalankan prokes terutama menggunakan masker demi melindungi diri sendiri dan orang di sekitar, terutama saat berada di kerumunan," ujar Ketua Satgas COVID PB IDI Dr. Erlina Burhan, Sp.P(K), M.Sc, dalam siaran pers, Sabtu (24/12/2022).

Menurut Dr. Erlina, walaupun varian SARS-COV-2 yang banyak menginfeksi masyarakat saat ini menimbulkan gejala ringan, bukan berarti varian mutasi yang sebelumnya sudah tidak ada lagi.

Ia mengingatkan masyarakat yang sedang mengalami gejala untuk tidak bepergian dan segera melakukan tes.

Satgas COVID PB IDI juga meminta masyarakat untuk segera melengkapi vaksinasi booster, baik mereka yang akan melakukan perjalanan liburan maupun kelompok risiko tinggi, seperti para lanjut usia.

Meskipun aktivitas dan mobilitas masyarakat sudah mulai kembali normal, perilaku hidup sehat terutama menggunakan masker harus tetap dilakukan terutama saat berada di kerumunan. Masker diketahui terbukti membantu mencegah penularan penyakit yang terinfeksi lewat droplet—tidak hanya COVID-19.

Terlebih lagi di saat musim hujan dan perubahan iklim yang makin tak menentu, Satgas COVID PB IDI mengimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi seimbang serta vitamin.

Imbauan IDI & IDAI

Ketua Umum PB IDI Dr. Moh. Adib Khumaidi, SpOT meminta komitmen para tenaga medis untuk siaga melayani masyarakat selama liburan akhir tahun 2022.

Para tenaga medis diharapkan tak lelah mengedukasi para pasien dan segenap masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan waspada terhadap berbagai ancaman penyakit.

Sementara itu, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau para orangtua untuk berhati-hati saat membawa anak-anak ke dalam kerumunan. Termasuk melakukan vaksinasi sebelum pergi berlibur.

Untuk itu, orangtua harus memperhatikan asupan gizi dan camilan yang dikonsumsi anak selama liburan agar kondisi kesehatannya selalu terjaga.

Ketua PB IDAI Dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) mengimbau orangtua untuk memanfaatkan waktu libur untuk mengajak anak-anak bersosialisasi dengan teman-teman sebaya dan beraktivitas fisik demi mengurangi paparan screentime.

dr. Piprim juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan prokes dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News