Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KETIDAKPASTIAN dalam hidup memang seringkali membuat siapapun cemas. Sebab selalu ada hal-hal yang akan terjadi di luar rencana dan dugaan kita. Saking cemasnya, kita jadi rentan overthinking.

Untuk sedikit tenang, kamu bisa lakukan sejumlah cara yang bisa dicoba untuk redakan kebiasaan tersebut:

1. Terhubung dengan masa kini

Terlalu mencemaskan masa depan dengan berbagai kemungkinan yang belum tentu terjadi, membuat kita menjadi overthinking dan kewalahan dengan pikiran sendiri. Untuk mengatasinya, kamu perlu kembali terhubung dengan masa kini, seperti fokus menjalani aktivitas sehari-hari, tenangkan diri, dan melakukan hal-hal yang masih bisa dikendalikan di masa kini.

2. Berdamai dengan ketidakpastian

Tidak perlu mengelak atau menghindari ketidakpastian, kita perlu untuk berdamai dengan ketidakpastian yang ada agar membuat hidup lebih tenang. Sebab, ketidakpastian tidak selalu buruk, jadi kita tidak perlu memenuhi pikiran dengan hal-hal yang hanya akan menguras energi dan waktu kita.

3. Tuangkan isi kepala dalam tulisan

Seperti dikutip dari film dokumenter Stutz, menulis bisa mengembangkan hubungan kita dengan diri sendiri. Selain itu, menulis juga seperti cermin yang dapat merefleksikan apa yang ada di alam bawah sadar kita. Dengan menulis, kamu akan menjadi lebih tenang.

Kadang kita takut menghadapi ketidakpastian karena ada banyak hal yang dikhawatirkan. Untuk meredakan kekhawatiran dan tidak lagi overthinking, kita bisa menuangkan isi kepala dalam tulisan agar rasa cemas hilang.

4. Buat rencana hidup sendiri

Membuat rencana hidup seperti memetakan kehidupan sendiri, dapat membuat kamu akan fokus dengan kehidupan dan tidak memiliki waktu untuk overthinking.

Meskipun nantinya tersesat, kamu telah mengetahui apa langkah selanjutnya yang harus kamu tempuh dengan peta hidupmu, sehingga kamu tidak terlalu khawatir tentang kehidupanmu.

5. Membuka diri pada pengalaman baru

Kurangi overthinking dengan cara membuka diri untuk mencoba hal-hal baru. Mencoba hal baru akan membuat pengalaman kita makin kaya. Dan jika semakin kaya pengalaman, membuat kita semakin tenang dalam menghadapi perubahan hidup yang baru. Sehingga, ketidakpastian hiduppun menjadi hal yang tidak perlu ditakuti, sebab kita bisa menyikapinya seperti cara kita mencoba hal baru.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family