Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

OVERTHINKING adalah perasaan cemas atau ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal yang belum terjadi. Overthinking lebih sering memberikan kerugian dan membuang-buang waktu, bahkan akan memunculkan kenyataan yang menyakitkan.

Hal ini baru saja dialami aktris cantik Zaskia Adya Mecca. Beberapa hari lalu, ia mengalami overthinking yang berubah menjadi kenyataan.

“Beberapa hari ini lagi terus2an ngebatin, ‘Jangan sampe ada anak yang sakit! Harus sehat! Harus jagain extra! Ga boleh sakit!’,” tulis Zaskia di akun Instagramnya @zaskiadyamecca.

Istri Hanung Bramantyo ini rupanya hendak pergi keluar kota dalam waktu yang cukup lama. Jadi dia berharap, anak-anaknya tetap dalam keadaan sehat-sehat saja.

“Makin mendekati hari H malah bene raja ada yang sakit. Diawali Bhre yang lagi seger aja pulang sekolah batuk, langsung tegang aku jauh2in dia dari Oara, kakak, dan adenya.. ehh. Nular ke Kama yang kalo batuk berujung sesek dan berat,” lanjut dia.

Dari kejadian tersebut Zaskia sadar, bahwa ada yang salah di kepalanya, karena seminggu terakhir terlalu fokus pada, “Jangan sakit, jangan sampai sakit.” Dan pada akhirnya, ia dihadapkan pada situasi yang paling dikhawatirkan, yaitu anaknya sakit.

“Nah loh, yuk belajar tenang, belajar percayakan aja semua sama Allah, ga perlu khawatir berlebihh, dll,” ujar dia.

Memang, bagaimanapun overthinking menyimpan hal yang menyakitkan kalua terus menerus dibiarkan terjadi.

Menambah Masalah Baru

Niat ingin mencari solusi, malah menambah masalah baru. Ini terajadi karena kami tidak bisa fokus pada satu titik saja, malah memikirkan sesuatu hal yang sebenarnya tidak perlu diurus.

Menderita Karena Pikiran Sendiri

Stres seringkali disebabkan dari overthinking. Padahal, penderitaan yang sesungguhnya bukan saja dari permasalahan yang sedang dihadapi, tapi dari pikiran yang selalu overthinking.

Masalah Akan Semakin Rumit

Memang, masalah harus dicarikan solusinya, tapi tidak sampai harus overthinking. Sebab, overthinking membuat diri tidak bisa mengontrol antara tindakan dan pikiran, sehingga semakin sulit untuk mencari solusi.

Untuk bisa menghindari overthinking, kamu perlu untuk bisa mengidentifikasi permasalahan dengan tepat. Lakukan eksekusi yang baik, sehingga pikiran dan tindakan tidak memiliki beban untuk mencari solusi dan eksekusi.




Ciptakan Sendiri Hormon Serotonin, Si Penstabil Suasana Hati

Sebelumnya

Masuk Pertengahan Tahun, Saatnya Memperkuat Kembali Self-Improvement

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family