Chef Ragil dan dua resep unggulan FJB 2022, Iga Sapi Bakar ala Jangkung dan Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh/Dok FJB
Chef Ragil dan dua resep unggulan FJB 2022, Iga Sapi Bakar ala Jangkung dan Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh/Dok FJB
KOMENTAR

FESTIVAL Jajanan Bango (FJB) terus berupaya melestarikan kuliner otentik Indonesia lewat beragam cara. Salah satunya, menyebarkan resep-resep kuliner unggulan agar bisa ditiru dan dibuat oleh para ibu di rumah, guna memperkenalkan kekayaan masakan khas Indonesia dengan beragam rasa.

Kali ini, berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo, FJB menyebarluaskan dua resep kuliner unggulan selama FJB 2022, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung.

“Di FJB 2022, saya diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tapi juga mudah untuk diolah. Saya percaya, kedua resep yang kami angkat ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah,” kata Chef Ragil.

Sate rembiga adalah sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya.

Sedangkan iga sapi bakar adalah hidangan andalan asal Bandung, Jawa Barat. Keunikannya terletak pada paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah, dan tomat merah. Disajikan panas-panas di atas piring cobek yang semakin memperkental sentuhan tradisionalnya. Rasa manis dan pedasnya begitu segar dan membuat penikmatnya ketagihan.

Penasaran dan ingin mencoba membuatnya di rumah? Berikut ini resep Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar yang jadi idolanya FJB 2022.

Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh

Total waktu pembuatan: 45 menit

Tingkat kesulitan: sedang

Bahan-Bahan:

Saus Rembiga

120 gram bawang putih cincang

50 gram kecap manis Bango

10 gram terasi Lombok

100 gram cabe merah besar

50 gram cabe keriting

50 gram minyak goreng

100 gram air

Bahan lainnya:

250 gram daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil-kecil

100 gram saus rembiga

2 gram garam

5 pcs tusuk sate

Cara Memasak:




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon