Jonathan, kura-kura tertua di dunia rayakan ulang tahun ke-190/Net
Jonathan, kura-kura tertua di dunia rayakan ulang tahun ke-190/Net
KOMENTAR

SEEKOR kura-kura raksasa Seychelles bernama Jonathan, merayakan ulang tahunnya ke-190. Hari lahir hewan darat tertua di dunia itu lantas dirayakan oleh masyarakat di Pulau St Helena, Atlantik Selatan, sebagai hari yang bersejarah.

Dimuat CNN, Jonathan adalah seorang selebritas di pulau tersebut, yang tinggal di rumah seorang pejabat. Bertepatan dengan hari ulang tahunnya, Jonathan menjadi buah bibir dan perhatian selama tiga hari.

Meskipun tidak ada catatan nyata tentang kelahirannya, Jonathan diperkirakan lahir sekitar 1832 silam. Dia dibawa ke St Helena dari Seychelles pada 1882 sebagai hadiah untuk Sir William Grey-Wilson, yang kemudian menjadi gubernur di pulau tersebut.

Namun, menurut perkiraan yang lainnya, Jonathan bisa saja berusia lebih tua daripada itu, yaitu 200 tahun lebih.

Meski telah memasuki usia tua, tidak lantas membuat kura-kura tertua di dunia ini tidak memiliki panca indra yang baik. Menurut Guinness World Records, seluruh panca indera, seperti indera penglihatan, penciuman, dan pendengaran Jonathan, saat ini masih dalam keadaaan sangat baik.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa beberapa inderanya kemungkinan melemah dan tak sekuat tahun-tahun sebelumnya. Namun meski begitu, Jonathan masih memiliki banyak energi yang kuat dalam beraktivitas sehari-hari, walaupun energinya tergantung pada cuaca di pulau tersebut.

“Pada hari-hari ringan, dia akan berjemur. Leher dan kakinya yang panjang terentang sepenuhnya dari cangkangnya untuk menyerap panas dan memindahkannya ke intinya,” ujar seorang dokter hewan khusus untuk Jonathan, Joe Hollins.

Sementara ketika dalam cuaca dingin, Jonathan lebih suka menggali dirinya sendiri ke dalam cetakan daun atau potongan rumput dan tetap berada di sana sepanjang hari.

“Terlepas dari usianya, Jonathan (juga) masih memiliki libido yang baik dan terlihat sering kawin dengan Emma (kura-kura lain),” pungkas Hollins.

Saat ini, Jonathan memiliki rekor sebagai hewan darat tertua yang masih hidup di dunia. Tak hanya itu, ia juga berhasil mengalahkan catatan sebelumnya untuk kura-kura tertua di dunia.

Sebelumnya, rekor kura-kura tertua di dunia dipegang oleh Tu'i Malila, yaitu seekor kura-kura pancaran (Astrochelys radiata) yang usianya mencapai 188 tahun. Namun Tu'i Malila telah mati pada 1965 silam.




Lucunya Pokemon Berbaju Batik

Sebelumnya

Sandiaga Uno Apresiasi Dampak Positif Libur Lebaran bagi Pelaku Parekraf Tanah Air

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon