KOMENTAR

DUNIA psikologi mengenal Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) Test, yaitu tes yang dapat mengungkap beberapa tipe kepribadian manusia. Salah satunya adalah kepribadian introvert.

MBTI mengungkap bahwa karakter introvert terbagi menjadi delapan bagian, yaitu:

1# Pemikir

Tipe ini lebih suka berada di tempat yang tenang. Baginya pengetahuan dan kompetensi merupakan hal yang sangat penting, sehingga dia memiliki standar yang tinggi dalam bekerja. Umumnya orang tersebut memiliki ide yang brilian, namun memiliki kemauan yang rendah untuk merealisasikannya. Dia menghabiskan waktunya untuk berpikir dan menganalisis berbagai hal sepanjang waktu.

2# Pengatur

Seseorang dengan karakter ini ahli dalam mengatur strategi karena dia suka berpikir lebih dalam sebelum bertindak dan objektif. Dia juga biasanya menyukai tantangan.

3# Idealis

Tipe introvert yang idealis suka memutuskan segala sesuatu dengan perasaan dan pribadi. Dia bisa memiliki pemikiran yang terbuka namun cenderung menunda keputusan demi kesepakatan. Idealisnya seorang introvert terpancar dari sifat loyal, fleksibel, kreatif, santai, namun teguh memegang prinsip.

4# Penasihat

Introvert yang bertipe penasihat memutuskan segala hal berdasarkan perasaan dan pribadi. Tipe ini berfokus kepada rencana di masa depan.

5# Pengasuh

Introvert dengan tipe ini sangat peka dengan perasaan orang lain. Ia juga sabar dan telaten dalam membimbing. Umumnya orang tersebut sulit berkata tidak dan sangat nyaman dengan rutinitas karena ingin selalu merasa aman.

6# Seniman

Tipe ini lebih menyukai sesuatu hal yang sifatnya abstrak dibandingkan dengan hal konkret. Dia sering tenggelam ke dalam ke dalam dunia dan aktivitasnya sendiri. Umumnya orang ini kurang menyukai berorganisasi dan sangat setia kepada orang.

7# Pengawas

Tipe ini lebih suka mengamati sesuatu secara langsung agar mendapat gambaran secara konkret dan nyata. Ketika akan melakukan sesuatu, dia akan berpikir secara mendalam agar dapat mengambil tindakan atau keputusan secara objektif.

8# Perajin

Tipe ini cenderung lambat dalam mengambil keputusan karena dia selalu memutuskan segala sesuatu dengan banyak pertimbangan. Segala tindakannya selalu berdasarkan logika dan detail. Dia biasanya menyukai learning by doing alias mempelajari sesuatu dengan cara praktek langsung.               




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family