KOMENTAR

KULIT kering sering menjadi masalah bagi sebagian orang yang berada seharian di ruangan ber-AC. Selain itu cuaca dingin juga dapat membuat kulit menjadi kering dan bersisik.

Untuk mencegahnya, kita dapat menggunakan pelembap setiap hari untuk membantu merawat dan mengembalikan kelembapan kulit yang hilang.

Belakangan ini penggunaan alat humidifier atau alat pelembap udara dianggap dapat membantu menjaga kelembapan kulit agar tetap terhidrasi dan sehat. Benarkah demikian?

Humidifier atau alat pelembap udara merupakan alat yang berfungsi untuk mempertahankan kelembapan udara di suatu ruangan. Alat ini bekerja dengan cara menyemprotkan uap air yang diproduksi oleh alat tersebut ke ruangan untuk membantu menyegarkan dan menjaga kelembapan udara.

Humidifier banyak digunakan untuk membantu meringankan masalah yang disebabkan oleh udara yang kering, seperti masalah pernapasan, sakit tenggorokan hingga kulit yang kering.

Dilansir dari InStyle, Dr. Geeta Yadav, seorang dokter kulit pendiri FACET Dermatology, Toronto, AS, menjelaskan bahwa humidifier dapat meningkatkan kelembapan udara dengan menambahkan uap air ke ruangan tersebut.

“Selain membantu membersihkan saluran udara dan menjaga kelembapan saluran hidung - yang sangat penting bagi mereka yang rentan terhadap alergi dan mimisan - pelembap dapat membantu menjaga rambut dan kulit tetap terhidrasi," ulasnya seperti dikutip Farah.id.

Menjaga kelembapan udara dengan menggunakan humidifier dinilai sangat baik untuk membantu mencegah kulit kering. Namun hal tersebut tetap harus dibarengi dengan menggunakan pelembap atau serum yang dapat mempertahankan kelembapan kulit.

Dilansir dari Sunday Edit, Marisa Garshick, M.D. mengatakan bahwa saat suhu turun, kulit kita cenderung menjadi lebih kering karena lebih sedikit kelembapan, selain itu suhu tersebut juga mempengaruhi pelindung pada kulit.

Namun demikian, Garshick mengatakan bahwa menggunakan humidifier tidak dapat menggantikan produk perawatan kulit topikal karena pelembab dan serum tidak hanya melembapkan kulit tapi juga menjaga agar kelembapan tersebut tidak hilang.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health