Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

ZAMAN sekarang, orang semakin sulit lepas dari handphone. Benda yang ‘serba pintar’ itu dianggap barang penting yang bisa menopang kehidupan. Apapun dilakukan lewat telepon seluler, mulai dari urusan pekerjaan hingga urusan perut.

Saking tidak bisa lepas dari ponsel, beberapa orang meletakkannya dekat dengan dirinya sendiri. Misalnya saat tidur, ponsel tersebut diletakkan bak bantal dan guling yang posisinya harus berada paling dekat, di atas kepala misalnya.

Alih-alih memudahkan jangkauan saat telepon berdering, justru meletakkan ponsel di dekat kepala bisa memicu masalah kesehatan. Suhu panas dari tubuh dan ponsel, bisa memicu kebakaran.

Berikut ini bahaya kesehatan yang ditimbulkan dari meletakkan handphone dekat dengan tubuh.

Meletakkan di Dekat Kepala

Paparan radiasi dari handphone ternyata bisa memicu kanker, lho. Bakteri yang ada di ponsel juga dapat dengan mudah menyeberang ke wajah. Meletakkan gadget di dekat kepala juga menyebabkan gangguan pola tidur. Cahaya biru yang dihasilkan dari layer ponsel akan menghambat produksi melatonin, yaitu hormon yang berfungsi mengatur tidur. Tidak hanya itu, sinar biru tersebut dapat mengganggu ritme sirkadian atau jam biologis tubuh.

Lainnya, efek dari radiasi HP yang memengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, saat bangun tidur kamu mungkin akan mengalami nyeri dan sulit untuk berkonsentrasi.

Meletakkan di Saku

Bagi beberapa orang, mungkin nyaman meletakkan handphone di saku celana maupun baju. Namun, ada beberapa alasan kesehatan untuk mempertimbangkannya. Mulai dari risiko munculnya kanker payudara, mempengaruhi jumlah sperma pada pria, menimbulkan rasa nyeri, memengaruhi sel otak, hingga mudah stres atau depresi.

Seorang ahli saraf mengamati, beberapa pasien yang mengeluh tentang rasa sakit di sekitar area kaki dan bokong, rupanya dipicu menyimpan ponsel di kantung celana bagian belakang. Radiasi smartphone juga akan menyakiti saraf siatikatik, yaitu serat yang berhubungan dengan sistem saraf pusat.

Meletakkan di Wastafel

Sebaiknya, tidak juga meletakkan handphone di wastafel dekat dengan kloset. Meskipun wastafel tersebut terlihat bersih, namun bakteri yang ada di kloset dapat melompat hingga belasan meter. Bisa jadi, bakteri-bakteri tersebut menempel di wastafel yang terlihat bersih.

Jadi, ada baiknya untuk tidak meletakkan handphone di kasur, dekat kepala, saku celana atau baju, dan juga dibawa ke kamar mandi, karena akan berbahaya bagi kesehatan.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health