Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

BEBERAPA hari lalu, Cinta Laura membagikan cerita tentang kesibukannya sebagai artis di halaman Instagramnya. Cinta menceritakan tentang beratnya bekerja pada dunia hiburan.

Ia mengaku mengalami burnout yang membuat berat badannya turun sebanyak 4,5 kilogram. Dan kondisi itu pula yang membuatnya harus menjalani perawatan intensif selama beberapa hari di rumah sakit.

Burnout adalah kata-kata yang menggambarkan stres dan lelah yang tidak berkesudahan karena pekerjaan. Tingginya tuntutan pekerjaan, buruknya lingkungan kerja, dan tidak bisa menyelesaikan jobdesk, juga bisa menyebabkan burnout.

Walaupun banyak psikolog yang sepakat bahwa burnout belum masuk sebagai gangguan kesehatan mental, tapi jika dibiarkan terus menerus akan berpotensi memicu gangguan kesehatan mental.

Burnout itu merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tertekan atau stres berkepanjangan, yang dipicu pekerjaan. Burnout tidak termasuk dalam gangguan kesehatan mental, tapi lebih ke kondisi psikologis karena tekanan pekerjaan,” kata Psikolog Rena Masri.

Cepat Lelah Hingga Negative Thinking

Ketika seseorang mengalami burnout, biasanya akan ditandai dengan gejala-gejala seperti berikut ini:

  • Berkurangnya motivasi kerja.
  • Cepat lelah walau pekerjaan sedikit.
  • Tidak menikmati pekerjaan.
  • Berpotensi mengalami sakit flu, demam, hingga tipes.
  • Cemas berlebih dan stres.

Burnout sendiri punya 3 dimensi, yaitu exhaustion atau kelelahan, baik secara fisik maupun emosional. Kemudian dimensi cynicsm atau depersonalisasi, sehingga karena terlalu lelahnya mengubah mindset menjadi negative thinking dan gampang kesal terhadap rekan kerja.

Dan, dimensi inefficacy atau pencapaian kinerja yang terus menurun seiring menurunnya kepercayaan diri dalam bekerja.

Refreshing Penting Atasi Burnout

Cara mengatasi burnout sebenarnya cukup beragam. Kamu bisa datang ke psikolog jika dirasa burnout tersebut sudah sangat mengganggu psikologi dan mengarah pada gangguan mental.

Tapi yang paling penting adalah refreshing setiap akhir pekan. Dan, sebisa mungkin pisahkan mana ruang pribadi dan ruang pekerjaan, dengan cara tidak membawa masalah pekerjaan saat ada di rumah.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health