Ilusrtasi/Net
Ilusrtasi/Net
KOMENTAR

SELF reward adalah istilah yang digunakan untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri. Masyarakat umum menyebut self reward dengan istilah memanjakan diri.

Mirip dengan memberikan penghargaan terhadap diri sendiri atas pencapaian yang sudah berhasil dilakukan. Sebenarnya tidak hanya pencapaian, tapi setelah berhasil melalui suatu hal penting dalam kehidupan, self reward perlu diberikan.

Sebagian besar orang menganggap self reward penting diberikan pada diri sendiri. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa menjadi sangat penting:

  • Self reward adalah cara untuk menghargai diri sendiri. Umumnya self reward akan membuat diri merasa lebih bahagia dan bangga, karena sudah bisa mencapai keadaan yang diinginkan.
  • Self reward juga mampu menguatkan motivasi diri. Seperti tertulis dalam penelitian berjudul Moitivating Effect of Contingent Self-Reward, motivasi diri akan memberikan semangat dalam menjalani hidup, karena ada tujuan yang dicapai.
  • Self reward bisa meningkatkan produktivitas diri. Orang yang menerimanya langsung setelah menyelesaikan tugas atau hal kecil, akan memiliki tingkat produktivitas yang jauh lebih tinggi, karena mereka merasa lebih senang menjalani pekerjaannya.
  • Self reward mampu menjaga kesehatan mental seseorang dari rasa stres, penat, lelah, dan lainnya. Saar menghadipi halangan dan rintangan dalam menjalankan kegiatan atau pekerjaan, ada kadar stres yang dialami. Dan untuk melepaskan stres itu, dibutuhkan self reward.
  • Positive reinforcement adalah penguatan positif yang bisa memengaruhi kepribadian. Orang biasanya lebih bersemangat untuk mengambil suatu Tindakan jika tahu kalau nantinya aka nada hadiah yang menanti.

Cara termudah untuk memberikan self reward adalah dengan menyediakan waktu untuk diri sendiri (me time), misalnya dengan pergi berlibur atau membeli barang yang diinginkan.

Bisa juga melakukan hobi yang disuka, makan makanan yang enak, kumpul bersama teman, dan lain sebagainya.

Ketika memilih pergi berlibur atau membeli barang yang diinginkan, makan makanan yang enak, nongkrong bersama teman atau melakukan hobi yang disuka, ada baiknya untuk tidak ‘kalap’ atau seenak-enaknya menghamburkan uang.

Tetap harus memakai akal sehat, karena tentunya kamu tidak mau usai melakukan self reward harus terbebani dengan memikirkan biaya hidup selama satu bulan ke depan.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Family