Salvador Dali yang menakjubkan/ Visit Gorontalo
Salvador Dali yang menakjubkan/ Visit Gorontalo
KOMENTAR

MESKI terbilang provinsi baru, banyak potensi wisata alam yang dimiliki Provinsi Gorontalo yang berada di Pulau Sulawesi.

Sampai saat ini, Gorontalo seolah hanya menjadi 'gerbang masuk' para wisatawan untuk sampai ke destinasi wisata di Sulawesi bagian utara.

Karena itulah promosi adat, budaya, dan keindahan alam yang dimiliki Gorontalo tengah digencarkan pemerintah setempat, agar provinsi ini juga menjadi tujuan wisata yang diminati wisatawan lokal juga mancanegara.

Salah satu kekayaan alam Gorontalo adalah Taman Laut Olele, yang berada di sebuah pantai di pesisir selatan. Namun yang menjadi topik perbincangan banyak orang bukan sekadar pantai yang indah, melainkan kekayaan biota laut di bawah perairan sekitar pantai.

Tempat wisata tersebut disebut Taman Laut Olele. Berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Jarak Taman Laut Olele hanya sekitar 20 km dari pusat kota Gorontalo, dengan jarak tempuh sekitar 30-45 menit.

Menariknya, pantai Olele yang berpasir putih sangat dekat dengan area permukiman penduduk. Namun hal itu tidak membuat perairan menjadi tercemar.

Air terbilang jernih hingga jarak pandang masih sangat baik. Demikian pula terumbu karangnya masih terjaga dengan baik.

Kondisi tersebut membuktikan bahwa masyarakat sekitar menyadari potensi kekayaan alam daerah mereka dan mau peduli untuk menjaganya agar lestari.

Saat menceburkan diri ke perairan Taman Laut Olele, kita akan disambut karang berwarna-warni dengan beragam bentuk. Lalu di kedalaman dua meter, hamparan koral pun terlihat jelas.

Taman Laut Olele menjadi tempat yang menakjubkan untuk bersnorkeling dan menyaksikan keindahan biota laut yang menakjubkan. Air terbilang tenang karena berada di kawasan teluk yaitu Teluk Tomini.

Di Taman Laut Olele, menyelam menjadi pilihan tepat karena tempat ini menghadirkan spot menyelam dengan berbagai karakter. Ada Traffic Circle, Honeycomb, Muck Dive, dan yang menjadi favorit banyak penyelam adalah Jinn Cave.

Kita bisa bermain dengan binatang-binatang kecil seperti nudibranch dan anemone shrimp.

Namun yang paling istimewa dari Taman Laut Olele adalah sponge coral (Petrosia Lignosa) endemik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Para penyelam asing sangat tertarik untuk melihat koral tersebut karena motifnya dianggap mirip lukisan L'enigma del Desiderio karya seniman besar Spanyol, Salvador Dali. Atas dasar itulah, sponge coral ini kemudian dikenal dengan nama Salvador Dali.

Semoga Taman Laut Olele menjadi surga tersembunyi yang lestari biota lautnya.




Bali Tawarkan Pariwisata Baru Kolaborasi Seni, Budaya, dan Inovasi

Sebelumnya

Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Suguhkan Langit Cappadocia Khas Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon