Pantai Rowo Indah alias Pantai Goa China, Malang/ Net
Pantai Rowo Indah alias Pantai Goa China, Malang/ Net
KOMENTAR

BERWISATA ke pantai menikmati deburan ombak menjadi sesuatu yang 'mahal' bagi para penduduk urban. Tak heran jika tempat wisata alam ini selalu menjadi incaran para pelancong untuk bersantai sejenak dari hiruk-pikuk kesibukan di kota.

Di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur ada sebuah mahakarya alam bernama Pantai Rowo Indah yang berada di pesisir selatan.

Yang membedakan Pantai Rowo Indah dari kebanyakan pantai lain adalah sebagai tempat pertemuan gelombang air laut dari arah timur, selatan, dan barat. Pertemuan tersebut menghasilkan ombak dengan suara yang sangat unik dan tidak ada di tempat lain.

Namun, nama asli pantai ini kalah tenar dibandingkan nama lainnya yaitu Pantai Goa China.

Nama itu disematkan lantaran ada seorang biksu keturunan China bernama Hing Hok yang meninggal saat bermeditasi dalam goa yang berada di area pantai ini, tepatnya di atas batu karang. Itulah mengapa pantai ini justru populer dengan sebutan Pantai Goa China.

Pantai ini terbilang kecil dan lokasinya tersembunyi. Gaungnya sebagai destinasi wisata alam belum terlalu terdengar di masyarakat. Padahal fasilitas penunjangnya cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, tempat parkir, mushalla, hingga warung makan yang didominasi seafood. Penginapan juga tersedia.

Tak jauh dari gerbang, terdapat Masjid Muhammad Cheng Hoo yang menjadi spot wisata religi dan menarik hati banyak pengunjung. Namun menurut testimoni sejumlah wisatawan, jarak dari gerbang menuju pantai cukup jauh.

Terletak di Malang selatan, ombak yang besar membuat wisatawan tidak disarankan untuk berenang.

Tak perlu khawatir, harga tiket masuk sangat terjangka, namun belum termasuk biaya parkir. Demikian pula jika ingin berfoto di sejumlah spot—terutama di Goa China, kita memang harus membayar lagi.

Bagian dalam Goa China sudah dihiasi dengan lampu berwarna-warni sehingga tidak gelap dan cocok untuk berfoto.

Keindahan alam di pantai ini juga semakin menawan dengan tiga pulau di sekitarnya yaitu Pulau Gua China, Pulau Nyonya, dan Pulau Bantengan.

Dari kota Malang, butuh waktu lebih kurang dua jam untuk sampai ke Pantai Rowo Indah. Waktu yang sepadan dengan pemandangan indah, pantai bersih, dan sejuknya pepohanan hijau yang langsung menyegarkan pikiran kita.




Melongok Universitas Tertua Al Quaraouiyine

Sebelumnya

Dakhla, Kota Bertemunya Gurun dan Laut

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Horizon