Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

MENJADI ibu bukan pekerjaan mudah dan sederhana. Apalagi jika memiliki pekerjaan penuh waktu, pasti menimbulkan dilematika tersendiri, karena harus membagi waktu.

Tak jarang kemudian ibu menjadi muda stres, karena terlalu bingung menjaga keseimbangan dalam menjalani tanggung jawab di rumah maupun pekerjaan.

“Sebagai orangtua, kita perlu menyadari bahwa tidak bisa menjadi sempurna. Setiap hari adalah hari baru untuk berlatih menjadi orangtua,” kata Direktur Layanan Perilaku Muskingum Valley Health Services Kristin Rinehart, MSW LISW-S TTS.

Stres mungkin tidak bisa dicegah, tapi ada beberapa langkah yang bisa Ibu lakukan saat stres melanda:

  • Tidak perlu mencemaskan ‘tidak ada waktu untuk anak’, tapi fokus saja pada kualitas waktu yang diberikan. Misalnya, memanfaatkan waktu sebelum tidur untuk mendongeng atau mendengarkan cerita anak sepanjang hari.
  • Jangan bawa pekerjaan ke rumah. Tetapkan batasan pekerjaan, sehingga ada waktu bermain dengan anak dan bisa mengerjakan pekerjaan rumah lainnya.
  • Cobalah mengerjakan hal-hal kreatif bersama anak, misalnya membuat menu masakan baru atau menanam bunga/pohon di halaman rumah, dan lainnya. Ini bisa mengusir stres Ibu yang sudah lelah menjalani rutinitas sehari-hari.

Setelah menikah dan punya anak, penting untuk membuat prioritas kehidupan. Sebab, menjadi orangtua bisa saja membuat stres, dengan atau tidak bekerja.

Jadi, sejak awal tentukanlah bersama pasangan, hal-hal apa saja yang perlu didahulukan jadi prioritas.

Dan, belajarlah mengatur waktu lebih baik. Usahakan menyelesaikan pekerjaan kantor secara lebih terarah dan disiplin. Begitu juga di rumah, usahakan fokus Bersama keluarga tanpa harus mengerjakan pekerjaan kantor.




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family