Peneliti Queen's University Belfast, Irlandia Utara kembangkan plastik pembunuh Covid-19/Net
Peneliti Queen's University Belfast, Irlandia Utara kembangkan plastik pembunuh Covid-19/Net
KOMENTAR

PARA peneliti terus berupaya untuk menghentikan mata rantai penyebaran virus Covid-19. Terbaru, ahli mengembangkan plastik yang mampu melumpuhkan virus SARS-Cov2, yang sampai saat ini masih menjadi pandemi di dunia.

Mengutip BBC dan Pandemictalks, penelitian tersebut dilakukan oleh Queen’s University Belfast pada Jumat (9/9). Mereka berhasil mengembangkan plastik yang mampu mensterilisasi sendiri guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di wilayah rumah sakit dan perumahan.

Masih menurut tim riset, film plastik yang digunakan sangat murah dan bisa diadaptasi menjadi alat pelindung diri. Cara kerjanya adalah melalui reaksi dengan cahaya dan mengeluarkan zat kimia yang mampu membunuh virus, termasuk jenis virus tangguh yang mampu bertahan pada permukaan baju dan benda.

Percobaan dilakukan terhadap kenis virus Covid-19 dan picornavirus, yaitu virus yang mampu bertahan dan stabil di luar tubuh manusia. Dari satu juta partikel virus yang diletakkan pada plastik tersebut, dalam waktu 2 jam saja, seluruh virus dapat dimatikan.

“Film plastik ini mampu menggantikan penggunaan plastik sekali pakai pada industri kesehatan, karena kemampuannya untuk mensterilisasi sendiri dengan biaya tambahan yang tidak signifikan,” kata salah satu penguji.

Tapi, uji pada skala lebih besar masih perlu dilakukan untuk menentukan efektivitas plastik yang mampu mensterilisasi sendiri.

Bertahan Hingga 3 Hari

Para ilmuwan Amerika Serikat (AS) pernah menunjukkan, bahwa virus corona dapat bertahan hidup di udara selama beberapa jam. Penelitian ini membuktikan bahwa virus Corona dapat bertahan 4 jam pada tembaga, 24 jam pada karton, 2 sampai 3 hari pada plastik dan stainless steel.

Masih menurut penelitian, stabilitas virus di udara dan permukaan dapat secara langsung memengaruhi penularan virus. Sebab, partikel virus perlu bertahan cukup lama setelah dikeluarkan dari satu orang dan ditransmisikan ke orang lain.

Jadi, yang perlu dilakukan saat ini dan terus diingatkan adalah rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Jalankan pola hidup bersih, agar penyebaran virus Corona dapat diminimalisir semaksimal mungkin.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News