KOMENTAR

ALAM menyimpan banyak rahasia yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah air laut, yang ternyata memberi banyak manfaat untuk kelembaban kulit dan melancarkan peredaran darah.

Rahasia kecantikan dari laut itu diungkap melalui thalassotherapy. Dalam praktiknya, terapi ini menggunakan air laut serta mineral lainnya, termasuk pasir, lumpur, dan rumput laut.

Terapi ini dipercaya bisa membuat kulit lebih bercahaya dan menghilangkan selulit. Sebab, sejak dulu air laut dipercaya mampu membuka pori-pori dan menarik kotoran di dalamnya, meninggalkan kulit yang bersih dan halus di bawahnya.

“Air laut justru kaya mineral, terutama kandungan magnesiumnya yang cukup tinggi,” kata peneliti dari Institut Teknologi Bandung, Dr Ir Nelson Sembiring, M Eng.

Garam-garam mineral ini banyak digunakan sebagai campuran air, pasta, dan lotion spa. Bahkan beberapa spa mengombinasikannya bersama scrub rumput laut dan masker lumpur untuk mendapatkan hasil maksimal. Semua itu dirancang untuk membantu tubuh relaks, sekaligus menjadikan kulit cantik dan mulus.

Secara umum, thalassotherapy dibagi atas 3 perawatan, yaitu:

  • Hidroterapi: melibatkan penggunaan air laut untuk mandi, berendam, hingga semprotan ait laut yang kaya mineral ke seluruh tubuh. Biasanya, dalam perawatan ini air laut akan dihangatkan hingga 37 derajat celcius.
  • Algoterapi: penggunaan produk laut (rumput laut, ganggang, lumpur, dan pasir laut) untuk bodi wrapping, facial, atau scrubbing.
  • Fisioterapi: terapi fisik, biasanya dalam bentuk pijatan dan latihan di air.

Di Jepang, terapi air laut ini malah tidak hanya ditemukan di spa center, melainkan telah diaplikasikan masyarakatnya sebagai terapi sehari-hari.

Caranya, air laut diekstrak menjadi bubuk yang disebut nigari dan digunakan sebagai campuran air mandi. Bahkan, air kolan renang di sejumlah apartemen di sana juga telah menerapkan pemakaian nigari ini.

Shu Eumura, pengusaha bisnis mode dan kecantikan Jepang, juga mengakui khasiat air laut ini. Dia kemudian mengaplikasikan kristal ait laut, terutama magnesium, sebagai bahan kosmetik.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health