KOMENTAR

SEBUAH studi meta-analisis terbaru yang diterbitkan jurnal Neurology pada akhir Agustus kemarin menyebutkan, golongan darah A memiliki risiko lebih tinggi terhadap serangan stroke di usia muda.

Penulis studi, Braxton D Mitchell dari Maryland University, Baltimore, Amerika Serikat menjelaskan, pemilik golongan darah A lebih mungkin mengalami pembekuan darah yang menyebabkan mereka mudah terserang stroke dini.

Stroke terjadi saat aliran darah ke otak mengalami gangguan, yang disebabkan adanya penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Dan yang sering terjadi pada usia dini adalah stroke iskemik.

Peneliti utama Steven J Kittner menjelaskan, timnya mengerjakan studi dengan menganalisis dari 48 studi terkait genetika dan stroke iskemik yang melibatkan 17.000 pasien stroke dan 600.000 perserta yang tidak mengalami stroke.

Ketika diteliti semua kromosom untuk mengidentifikasi varian genetik terkait stroke, ditemukan bahwa individu dengan stroke dini kebanyakan memiliki golongan darah A. mereka berisiko 16 persen lebih tinggi terkena stroke dini dibandingankan golongan darah lain.

Cegah Stroke Dini

Cara paling efektif mencegah stroke di usia muda adalah:

  • Menurunkan tekanan darah, caranya kurangi asupan garam, hindari makanan tinggi lemak jenuh, konsumsi buah, sayur, biji-bijian, ikan, dan produk susu rendah lemak, rutin olahraga, dan hentikan kebiasaan merokok.
  • Turunkan berat badan, konsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mengetahui diet yang tepat.
  • Perhatikan porsi harian alkohol, pastikan tidak melebihi batas kesehatan.
  • Obati fibrilasi atrium (detak jantung yang tidak teratur), yang disebabkan pembentukan gumpalan di jantung, yang jika lepas hingga ke otak akan menghasilkan stroke.
  • Obati diabetes dengan jalani pola makan sehat, olahraga, dan konsumsi obat-obatan untuk menjaga gula darah dalam kisaran yang disarankan.

Mencegah stroke adalah langkah penting yang bisa dilakukan sejak dini. Beraktivitas fisik, menjalankan pola hidup sehat, bisa dilakukan agar kamu tidak mengalami stroke di usia muda.




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health