Disarankan untuk mandi malam dengan air hangat/Net
Disarankan untuk mandi malam dengan air hangat/Net
KOMENTAR

DI masyarakat kita yang masih memegang teguh pendapat orangtua terdahulu, banyak sekali pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh wanita yang sedang hamil. Tidak boleh keluar malam, tidak boleh tidur siang, hingga tidak boleh mandi malam.

Sebenarnya, ibu yang sedang hamil itu memiliki tingkat stres yang cukup tinggi. Karenanya, melakukan aktivitas yang membuat ia merasa bahagia, akan membantunya lebih relaks.

Salah satunya adalah mandi malam. Ternyata, mandi malam bisa membuat otot menjadi lebih rileks dan tentunya tidur semakin nyenyak. Ibu hamil, utamanya yang sudah memasuki kehamilan tua, sangat memerlukan tidur yang nyenyak. Apalagi perubahan hormon dan fisik yang dialami oleh ibu hamil, membuat kualitas tidurnya menurun.

Ibu Hamil Boleh Mandi Malam

Melihat manfaat mandi malam untuk merilekskan otot-otot, maka ibu hamil boleh melakukannya. Mengutip Healthline, mandi malam pada ibu hamil sangat disarankan untuk melemaskan otot-ototnya.

Untuk ibu hamil yang rentan terkena flu, disarankan untuk tidak mandi sebelum tidur. Jika ingin, gunakan air hangat. Penggunaan air hangat untuk mandi malam ternyata juga bisa mengurangi risiko kelahiran prematur.

Tips Mandi Malam untuk Ibu Hamil

Medical News Today menyebutkan, waktu terbaik untuk mandi malam adalah satu hingga dua jam sebelum tidur. Healhline menambahkan, mandi di waktu malam bisa meningkatkan kualitas tidur.

Buat ibu hamil yang ingin mandi malam, perhatikan tips berikut ini:

  • Selalu gunakan air hangat dan hindari air yang terlalu panas.
  • Waktu mandi tidak lebih dari 10 menit.
  • Jika ada rasa pusing, mual, atau tidak nyaman lainnya, segera berhenti mandi.
  • Jangan mandi malam hari ketika demam.
  • Jangan gunakan bubble baths, garam mandi, atau produk lain Ketika berendam di bathtub, karena bisa memperbesar kemungkinan terkena infeksi bakteri.
  • Tidak menggosok tubuh, karena kulit akan terasa kering dan sensitif.
  • Pasang keset anti-selip untuk menghindari terpeleset.
  • Pastikan tidak merendam tubuh bagian atas, seperti kepala, dada bagian atas, lengan, dan bahu, karena akan membuat tubuh terlalu panas atau overheat.

Bagaimana Bunda, apakah ingin mencoba untuk mandi malam untuk merelakskan otot-otot?




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health