Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

SAAT merasa mudah lelah, suka mengantuk, nyeri kaki, tengkuk terasa pegal-pegal, nyeri dada, terjadi pembengkakan pada kulit urat, muncul bercak-bercak kuning di bawah kantong mata, dan muncul gumpalan di urat, hati-hati itu tanda kolesterol sedang tinggi.

Kolesterol hampir menjadi keluhan setiap orang, terutama yang menderita obestitas, gemar minuman beralkohol, dan kurang olahraga. Penyakit ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit untuk dikendalikan.

Para penderita kolesterol kemudian bertanya, adakah cara instan untuk menurunkan atau menyembuhkan kolesterol?

Dr Reza Pahlevi, salah satu dokter pengampu di Klik Dokter menjawab, tidak ada cara instan menurunkan kolesterol. Semua tergantung pada jenis obat yang diminum, tingkat kepatuhan mengonsumsi obat, serta perubahan gaya hidup.

Ya, secara garis besar kolesterol hanya bisa diturunkan lewat dua hal, yaitu:

Mengonsumsi obat-obatan

Jenis obat yang dikonsumsi adalah golongan statin. Biasanya dokter merekomendasikan ini untuk pasien dengan kolesterol tinggi dan berbahaya.

Statin berfungsi membantu menurunkan jumlah kolesterol yang diproduksi tubuh. Obat ini juga berperan mengurangi peradangan pembuluh darah akibat plak kolesterol.

Selain statin, obat yang juga direkomendasikan dokter adalah resin pengikat asam empedu, obat penghambat penyerapan kolesterol, inhibitor PCSK9 yang berfungsi mengikat protein di hati dan menurunkan trigliserida dalan darah.

Mengonsumsi obat bisa menurunkan kolesterol dalam waktu 1 minggu.

Perubahan gaya hidup

Seperti menjaga pola makan sehat, stop rokok dan alkohol, serta rutin berolahraga.

Pola makan sehat bisa didapat dengan cara diet vegetarian, yaitu mengonsumsi makanan kaya serat larut, sterol nabati, dan sumber protein nabati seperti kedelai dan kacang-kacangan.

Atau bisa juga dengan menghindari makanan yang mengandung lemak trans maupun lemak jenuh.
Dengan menjaga pola hidup seperti ini, seseorang bisa menurunkan kolesterol dalam waktu 3 sampai 4 minggu.

Intinya, tidak ada yang instan untuk menurunkan kolesterol. Konsumsi obat-obatan yang bisa menurunkan kolesterol dalam waktu 1 minggu hanya akan terjadi jika pasien patuh terhadap aturannya.

Begitu pula dengan mengubah gaya hidup, hanya bisa terjadi jika konsisten melakukannya.
 




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health