Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MEMASUKI usia senja, tidak jarang para lanjut usia atau lansia kehilangan nafsu makan atau menurunkan porsi makanan, baik sengaja maupun tidak.

Penyebabnya beragam, mulai dari menurunnya fungsi indra penciuman dan perasa, fungsi saluran pencernaan yang terganggu, hingga buruknya kondisi emosi akibat depresi atau penurunan fungsi otak.

Jika hal ini terus berlanjut, bisa terjadi kurang gizi dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.
Jadi, sebagai pendamping, bagaimana cara Anda menentukan menu makanan dan porsi makan untuk lansia?

Mengatur menu makanan lansia dan porsinya

Mengatur porsi makan lansia penting Anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan gizi lansia dan mendukung kesehatan tubuhnya. Pasalnya, banyak lansia yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes. Selain bisa menekan gejala penyakit, pola makan sehat lansia bisa juga bisa memperlambat perkembangan penyakit degeneratif, sehingga lansia tetap sehat.

Menurut National Institute on Aging, umumnya para lansia sehat atau orang yang berusia lebih dari 50 tahun wajib untuk melengkapi nutrisi berikut dalam menu makanan setiap hari.

Buah dan sayur

Buah dan sayur sebanyak lima porsi per hari. Atau, bisa dibagi menjadi 150-250 gram buah per hari dan 200-350 gram sayur per hari. Biasanya, pilihan buah untuk lansia teksturnya lembek dan rasanya tidak asam, contohnya pepaya, pisang, buah naga, atau alpukat. Sementara pilihan sayuran untuk lansia meliputi labu, bayam, kangkung, oyong, timun, wortel, brokoli, selada, dan sayuran hijau lainnya.

Minyak, gula, dan garam

Penggunaan minyak sebanyak 5 sendok teh. Batasi penggunaan gula hanya 4 sendok makan dan garam hanya 1 sendok teh. Untuk penggunaan gula dan daram, Anda perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter, terutama jika lansia memiliki hipertensi atau diabetes.

Kebutuhan nutrisi di atas mungkin berbeda-beda pada setiap lansia, khususnya mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Namun pada intinya, penuhi piring dengan makanan kaya karbohidrat, protein nabati serta hewani, sayuran, dan buah-buahan.

Kesemua unsur ini harus tersedia setiap kali lansia makan. Jangan lupa untuk mengatur jam makan, setidaknya tiga kali makan utama dan dua kali makan selingan di antara makan utama. Terapkan prinsip porsi makan sedikit-sedikit tapi sering.

Makanan pokok

Makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat dapat membantu lansia untuk aktif bergerak. Sebagai contoh makanan pokok dapat berupa beras, gandum, jagung, singkong, sagu, kentang, talas, sukun, bihun, dan mie. Porsinya sebanyak 150-300 gram per hari. Jumlah ini bisa dibagi menjadi tiga, jadi misalnya Anda makan pagi cukup mengambil nasi sebanyak 100 gram atau satu centong nasi.

Sumber protein dan mineral

Makanan sumber protein dalam menu makan lansia, di antaranya ayam, ikan, daging, hati sapi, hati ayam, telur, tahu, oncom, dan tempe sebesar 150-200 gram per hari. Susu atau produk susu, seperti keju dan yogurt juga bisa Anda tambahkan, sebesar 3 gelas per hari. Pilihlah susu dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.
Menu makanan sehari untuk lansia dengan kondisi tertentu
Untuk lansia dengan kondisi kesehatan tertentu, Anda dapat menyiapkan menu makanan khusus.
Lansia tanpa gigi
    •    Anda bisa menyajikan makan pagi berupa semangkuk nasi tim ayam, telur ceplok rebus, dan jus tomat.
    •    Sediakan semangkuk bubur kacang hijau yang kulitnya dikupasi untuk camilan pagi.
    •    Untuk makan siang, siapkan nasi lembik, sayur oyong dan bihun, kemudian semur hati ayam dan pepes tahu.
    •    Camilan sore, berikan lansia satu buah pisang atau pepaya. Bisa juga Anda ganti dengan semangkuk kecil yogurt.

Lansia dengan konstipasi (sembelit)
    •    Untuk sarapan, Anda bisa sajikan semangkuk bubur ayam dengan potongan telur putih rebus, dan jus wortel.
    •    Berikan 1 potong buah pepaya matang untuk camilan pagi.
    •    Anda bisa menyajikan nasi lembik dengan pepes ikan bandeng, sayur katuk dan jagung bening, serta segelas jus mangga
    •    Pada sore hari, Anda bisa berikan camilan berupa biskuit gandum atau jus buah alpukat.
Saat Anda membuat rencana menu makanan untuk lansia, pastikan untuk mengganti pilihan buah, sayur, dan lauknya setiap hari. Tujuannya, agar mereka tidak bosan dan Anda lebih mudah membujuk lansia yang susah makan.

Sumber: hellosehat.com




8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Sebelumnya

Benarkah Puasa Dapat Menyebabkan Kerontokan Rambut pada Perempuan Berhijab?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health