KOMENTAR

SURVIVE di tengah pandemi dan terus mengembangkan produk adalah hal yang sangat luar biasa. Kunci utamanya adalah tetap semangat dan dapat memanfaatkan keadaan. Jika dua hal ini bisa dijalankan, maka ketika pandemi mulai berakhir, hasil yang memuaskan bisa didapat.

Begitu yang dirasakan oleh Nycta Gina, artis yang juga berprofesi sebagai dokter sekaligus pemilik brand busana muslim "Trinycta".

Pemilik pesona Jeng Kelin ini terlihat sangat antusias saat menghadiri acara Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ 2022. Baginya, ajang fesyen luar biasa ini adalah kesempatan luar biasa baginya untuk menggelar lapak, mempertontonkan dan menawarkan koleksi-koleksinya.

"Trinycta itu basicnya memang online shopping. Aku sampai saat ini belum punya toko, ya, jadi seneng banget waktu ada MUFFEST dan aku ikut serta di sini. Buat aku ini kesempatan besar untuk ngebuka lapak, biar pembeli tahu kalau ini loh produk-produknya Trinycta, bahan-bahannya sehalus ini, seadem ini, dan modelnya juga keren-keren," kata Nycta saat menggelar talkshow di MUFFEST+ 2022, Kamis (21/4).

Marketing Anti Ribet Ala Nycta

Brand Trinycta yang punya tagline "Kualitas sultan harga merakyat" ini sudah memiliki beberapa produk seperti hijab printing, mukena printing, sajadah, maupun pakaian muslim sehari-hari. Karena basicnya online, ibu dua anak ini mengaku tidak terlalu kesulitan dalam memasarkan koleksi-koleksinya.

Berikut ini tips marketing anti ribet ala Nycta Gina:

1. Buat yang punya toko online, rutin lakukan life shopping. karena life shopping itu membantu kamu untuk berinteraki dengan pembeli. Di sini kamu bisa meyakinkan audience bahwa produk kamu itu punya bahan yang adem dan nyaman.

2. Gunakan produk untuk aktivitas sehari-hari. "Kalau aku, selalu pakai baju yang mau aku jual. Terus aku couple-an sama anak dan suami, diposting deh di IG. Atau aku pakai buat keluar rumah, belanja. Terus pada nanya deh, ih cakep banget bajunya, lucu, beli di mana? Gitu deh. Itu strategi marketing aku," aku istri dari Rizky Kinos itu.

3. Jangan menawarkan produk yang tidak mencirikan diri sendiri. Buat Nycta, koleksi yang ditawarkannya itu haruslah sesuai dengan kepribadiannya, sehingga ia tidak perlu susah-susah untuk memasarkannya. "Tidak jadi beban," begitu kata Nycta. Mengapa, karena jika koleksi-koleksinya tersebut tidak sesuai dengan kepribadian dia, maka ia akan mengalami kesulitan saat menjelaskan atau mempromosikan, apalagi ketika calon pembeli menanyakan detil produk tersebut.

4. Tidak perlu terlalu ikutan tren. "Sebenarnya, sah-sah aja sih ngikutin tren. Tapi kalau ngikutin tren terus kamu kehilangan ciri khas, mending nggak usah ya. Kalau aku punya pakem sendiri. Apapun koleksi yang aku keluarin nggak harus ngikutin tren yang ada. Kalaupun mau ngikutin, ya aku sesuaikan dengan ciri yang aku punya," tegasnya.

Inspirasi dan Harapan Trinycta

Trinycta dibuat di awal 2017. Saat memulai usaha, Nycta Gina mengeluarkan hijab printing. Karena ia berasal dari Aceh, maka koleksinya saat itu sangat terinspirasi oleh nuansa aceh.

Namun di tengah perjalanan, Nycta mengaku memiliki banyak ide dan ingin terus mengembangkan koleksinya itu. Beruntung ia memiliki brand design yang membantunya untuk membuatkan koleksi-koleksi yang ia pasarkan saat ini.

"Aku itu nggak sampai detil pada motif, aku kurang kreatif makanya aku punya brand design. Nah teman-temanku ini yang menuangkan ide-ide aku menjadi koleksi-koleksi ini. Paling aku terjun langsung pada pemilihan warna, seperti earth tone, bold, dan lainnya," ujar Nycta yang memiliki 160 ribu lebih followers di akun Instagram @trinycta.

Soal inspirasi, artis, presenter, sekaligus dokter ini mengaku memperolehnya dari mana saja. Tidak hanya dari tren fesyen muslim, tapi juga dari brand-brand yang ada di luar negeri. Terutama dari motif dan warna yang sedang trendi.

"Cuma ya itu, tetap ada pakemnya, tidak harus plek ikut yang lagi tren," tegasnya.

Dan terakhir Nycta berharap, di suasana pandemi yang berangsur membaik, ia ingin memiliki toko offline agar para penggemar Trinycta bisa melihat langsung koleksi-koleksi yang ada.

"Do'ain ya. Aku maunya punya toko offline biar kamu bisa lihat langsung koleksi-koleksi aku yang kece-kece," celoteh dia.

Sekadar informasi, selama event MUFFEST+ 2022, Nycta Gina membuka booth khusus Trinycta yang memamerkan koleksi mukena dan sajadah printing, hijab pasmina, hingga koleksi busana rumahan santai terbaru.

MUFFEST sendiri berlangsung selama 3 hari, mulai 21 hingga 23 April 2022 di Ritz Carlton Ballroom, Pacific Place Jakarta.
    




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Sentuhan Mewah dan Nyaman untuk Perempuan Urban Rancangan Pricilla Margie

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga