Merawat dan mengasuh anak perempuan dengan penuh kasih sayang, memberikan dukungan dan pendidikan yang layak untuknya, maka surga Allah Swt. insya Allah akan menanti kedua orangtuanya/ Foto: Ist JPK
Merawat dan mengasuh anak perempuan dengan penuh kasih sayang, memberikan dukungan dan pendidikan yang layak untuknya, maka surga Allah Swt. insya Allah akan menanti kedua orangtuanya/ Foto: Ist JPK
KOMENTAR

HADIRNYA anak perempuan dalam sebuah keluarga disebut sebagai keberuntungan. Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad Saw. menyebutkan betapa anak-anak perempuan itu datang dengan pahala dan berkah yang besar bagi orangtuanya.

Merawat dan mengasuh anak perempuan dengan penuh kasih sayang, memberikan dukungan dan pendidikan yang layak untuknya, maka surga Allah Swt. insya Allah akan menanti kedua orangtuanya.

Keutamaan memiliki anak perempuan juga disebutkan dalam beberapa hadis berikut ini.

1. Jalan surga kedua orangtua

Hadirnya anak perempuan merupakan jalan surga bagi orangtua yang merawatnya dengan benar. Seperti diriwayatkan Abdullan bin Abbas, "Nabi Muhammad Saw. bersabda: Siapa yang memiliki anak perempuan, dia tidak membunuhnya dengan dikubur hidup-hidup, tidak menghinanya, dan tidak lebih mengutamakan anak laki-laki, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga." (HR Abu Daud)

Jabir bin Abdullah juga bersaksi bahwa Nabi Muhammad Saw. pernah berkata, "Siapapun yang memiliki tiga anak perempuan dan dia mengakomodasi mereka, menunjukkan belas kasihan kepada mereka, dan mendukung mereka, surga pasti dijamin untuknya,"

Kemudian datang seseorang dan bertanya kepada Nabi, bagaimana bila ia hanya memiliki dua anak perempuan? Nabi menjawab, "(Dia mendapatkan pahala itu) meski mereka (hanya) punya dua anak perempuan."

Dan beberapa dari mereka percaya bahwa jika ada yang kembali bertanya kepada Rasulullah, bahwa ia hanya memiliki seorang anak perempuan, maka Beliau akan menjawab hal yang sama untuk orangtuanya.

2. Melindungi kedua orangtua dari siksa api neraka

Hadirnya anak perempuan juga menjadi pelindung kedua orangtua dari siksa api neraka. Aishah (ra) melaporkan, seorang wanita menghampirinya bersama dua putrinya. Ia meminta sedekah, namun Aishah saat itu hanya memiliki sebuah kurma dan diberikannya kepada wanita tersebut.

Si wanita pun menerima dan membaginya kepada dua putrinya, sedangkan ia tidak memakannya sedikitpun. Kemudian, mereka pergi.

Saat itu Rasulullah berkata, "Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi pelindungnya di neraka." (HR Ahmad)

3. Pelindung di hari kiamat

Tidak hanya melindungi dari siksa api neraka, keluarga yang memiliki anak perempuan juga akan dilindungi pada hari kiamat. Uqmah ibn Aamir meriwayatkan, Rasulullah pernah bersabda: "Siapapun yang memiliki tiga anak perempuan dan sabar terhadap mereka dan memberi mereka makan, memberi mereka minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka mereka akan menjadi pelindungnya di hari kiamat." (HR Ibnu Majah)

4. Didekatkan dengan Rasulullah

Anak perempuan yang Ayah dan Ibu didik dan perlakukan dengan benar, akan mendekatkan kedua orangtuanya dengan Rasulullah Saw. Seperti Anas (ra) melaporkan, Nabi Muhammad Saw bersabda: "Siapapun yang menanggung nafkah dua anak perempuan sampai baligh (mencapai kedewasaan), maka pada hari kiamat antara saya dan dia seperti ini (Rasulullah menggabungkan jari-jarinya). (HR Muslim)

Begitu mulianya perempuan di mata Islam, sehingga umat-Nya pun diminta mensyukuri dan menjaga betul kehadiran seorang perempuan, sejak mereka lahir hingga dewasa dan meninggal dunia. Rawat dan asuhlah mereka dengan penuh kasih sayang dan tanamkan nilai-nilai agama agar ia bertaqwa kepada Allah Swt.

Entah apa jadinya jika ada keluarga yang masih saja memperlakukan wanita dengan kasar, semena-mena, dan memandang hanya sebelah mata.




Menjadi Korban Cinta yang Salah

Sebelumnya

Ana Khairun Minhu

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur